banner pemkab muba
Kabupaten AgamSumatera Barat

Direktur Buflo Kunjungi Poktan Caruak Indah Padang Laweh, Agam

321
×

Direktur Buflo Kunjungi Poktan Caruak Indah Padang Laweh, Agam

Sebarkan artikel ini
Direktur Buflo Kunjungi Poktan Caruak Indah Padang Laweh, Agam
Direktur Buflo, Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Liferdi Lukman kunjungi Poktan Caruak Indah Padang Laweh, Agam. (f/kominfo)

Mjnews.id – Kelompok Tani (Poktan) Caruak Indah yang berdiri sejak 2004, mengolah lahan seluas 44 hektare di Nagari Padang Laweh yang ditanami tanaman holtikultura seperti cabe merah dan kol.

Zulkarnain selaku ketua Poktan Caruak Indah menyampaikan tujuan dari Poktan Caruak Indah adalah menyediakan, menampung hasil panen serta pengolahan hasil panen dan abon cabe yang saat ini produksinya mencapai 10 ton/hari.

Hal tersebut mampu mengangkatkan harkat dan penghasilan petani serta mendorong perkembangan lembaga keuangan Nagari dan dapat memicu perkembangan ekonomi rumah tangga petani.

Dalam meningkatkan hasil tani, Poktan Caruak Indah telah menciptakan berbagai inovasi salah satunya melakukan penangkaran bibit kol bunga lokal.

Selanjutnya pembibitan aneka sayur holtikultura dengan melakukan penyemaian dan pembibitan pada beberapa titik di Nagari Padang Laweh serta pengolahan hasil panen sayuran seperti abon cabe.

Tidak hanya itu poktan juga menjalin kerjasama dengan PPL untuk mengembangkan pengetahuan petani dan kesehatan pangan serta  melakukan pengamatan pasar mengetahui selera pasar dan mengetahui berapa harga sayur di pasar setiap harinya.

Kemudian membuat inovasi pengemasan hasil pertanian dengan mendistribusikan hasil panen langsung kepada konsumen dalam merek dagang “THREZ’O”.

THREZ’O Indonesia sendiri merupakan badan usaha yang terlahir dari kreasi Poktan Caruak Indah untuk merangkul poktan dalam memproduksi sayur P-3 (Produk Prima aman Pestisida).

Inovasi-inovasi tersebut mendapatkan apresiasi langsung dari Direktur Buah dan Florikultura (Buflo) Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Liferdi Lukman saat berkunjung ke Jorong Kubu Nagari Padang Laweh, Jumat (28/7/2023).

Ia menyebutkan dibutuhkan beberapa strategi yang perlu dilakukan kelompok tani agar lahan dapat diketahui banyak orang.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600