Kabupaten AgamSumatera Barat

IPDN Kampus Sumbar Kembangkan Potensi BUMDESMA Kecamatan Tanjung Mutiara, Agam

273
×

IPDN Kampus Sumbar Kembangkan Potensi BUMDESMA Kecamatan Tanjung Mutiara, Agam

Sebarkan artikel ini
IPDN Kampus Sumbar Kembangkan Potensi BUMDESMA Tanjung Mutiara, Agam
IPDN Kampus Sumbar Kembangkan Potensi BUMDESMA Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Dalam mengembangkan potensi Badan Usaha Milik Daerah Bersama/BUMDESMA Kecamatan Tanjung Mutiara, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat lakukan kegiatan pengabdian masyarakat.

Pengabdian yang dilaksanakan pada 4-8 September itu diantaranya melakukan pendampingan dalam peningkatan sumber daya manusia BUMDESMA tersebut mulai dari pengelolaan keuangan, pemasaran dan lainnya.

Pendampingan tersebut dilakukan oleh Dosen Program Studi Keuangan Daerah IPDN Kampus Sumbar Arina Romarina, Elvira Mulia Nalien, Fitri Dwiyul Marta dan praja IPDN.

“Kita bakal membuatkan panduan dalam pengembangan BUMDESMA tersebut dan melakukan diskusi dengan pengelola, wali nagari atau kepala desa adat dan lainnya,” ungkap Asmuni Rahardjo, Dosen IPDN Kampus Sumbar, Kamis (7/9/2023).

Ia melanjutkan berbagai potensi tersebut bisa dikuasai oleh BUMDESMA, sehingga hasilnya luar biasa. Namun selama ini BUMDESMA tidak bisa dikembangkan karena tidak memiliki sumber daya manusia yang handal dalam pengelolaannya.

“Dengan pengabdian masyarakat itu, maka BUMDESMA memiliki sumber daya manusia yang handal dalam memasarkan produk ke Riau, Jambi, Bengkulu dan daerah lainnya. Pengelola tidak butuh datang ke daerah pemasaran tersebut, cukup menjalani komunikasi yang baik dan memiliki link,” tambahnya.

Di samping itu, ia menegaskan hal terpenting yang harus dikuasai yakni harus tahu hulu sampai hilir dari bahan baku sampai bahan jadi.

“Apabila tidak tau maka usaha akan tengelam atau bangkrut dan harus memiliki jiwa wirausaha,” tambahnya.

BUMDESMA Tanjung Mutiara saat ini memiliki modal cukup besar sekitar Rp2 miliar. Melalui pengelolaan SDM yang handal maka akan berbanding lurus dengan penambahan aset sehingga dapat memberikan simpan pinjam yang memberikan dana bergulir bagi masyarakat.

Kepala Disparpora Agam, Syatria menambahkan BUMDESMA sangat memberikan dukungan dalam pengembangan destinasi wisata.

Namun BUMDESMA tidak menjual produk yang ada dijual orang lain, tetapi memasarkan potensi yang ada dan termasuk simpan pinjam.

“BUMDESMA sangat memberikan dukungan di Agam dalam peningkatan ekonomi masyarakat,” tutupnya.

(jef)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600