Kabupaten AgamSumatera Barat

Kemandirian jadi Keunggulan KAN Lubuk Basung dalam Penilaian Tingkat Provinsi

186
×

Kemandirian jadi Keunggulan KAN Lubuk Basung dalam Penilaian Tingkat Provinsi

Sebarkan artikel ini
KAN Lubuk Basung dalam Penilaian Tingkat Provinsi Sumbar
KAN Lubuk Basung dalam Penilaian KAN Terbaik Tingkat Provinsi Sumbar. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Kerapatan Adat Nagari (KAN) merupakan lembaga perwakilan permusyawaratan dan permufakatan adat tertinggi, dalam penyelenggaraan pemerintahan Nagari yang keanggotaannya terdiri dari perwakilan Ninik Mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang sesuai dengan adat salingka Nagari.

KAN bertugas sebagai penjaga dan pelestari adat dan budaya Minangkabau, berada di bawah pengawasan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) mulai dari tingkat kecamatan hingga Provinsi.

Untuk meningkatkan peran KAN tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat lakukan penilaian KAN terbaik tingkat Provinsi pada KAN Lubuk Basung, dimana tahun sebelumnya dilakukan penilaian KAN di Padang Tarok Kecamatan Baso Tahun 2022.

Penilaian tersebut dilakukan untuk menilai kelembagaan, kompetensi dan penyelenggaraan Adat serta kerjasama antar lembaga, dengan tim penilai dari Ketua Bundo Kanduang Sumatera Barat, Prof Puti Raudha Thaib, Yuzirwan Rasyid Dt Gajah Tongga BAKOR-KAN Sumatera Barat, Basyrizal Dt Panghulu Basa dari Tim Konsolidasi Adat Provinsi, Zaitul Ikhlas Saad Rajo Intan dari Dewan Pembina Adat Nagari Provisi Sumbar, Azwar selaku Pamong Senior serta dua orang dari DPMD Provinsi Sumatera Barat yakni Quartita Evari Hamdiana dan Akral Sinaromangkuto.

Ketua KAN Lubuk Basung, Novi Endri DT Simarajo menyampaikan dalam penilaian KAN terbaik tingkat Provinsi Sumbar pihaknya sudah menyiapkan dengan baik seluruh dokumen yang berkaitan mengenai aspek penilaian agar mendapatkan nilai terbaik.

“Kita sudah membenahi SDM serta sarana dan prasarana yang mendukung seluruh kegiatan KAN baik itu ruang sidang adat, aula utama dan lain sebagainya,” ungkapnya saat penilaian KAN terbaik tingkat Provinsi Sumbar di kantor KAN Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Jum’at (8/9/2023).

Disamping itu, Ketua Tim Penilai, Quartita Evari Hamdiana mengapresiasi persiapan dan tata cara penyambutan KAN Lubuk basung yang mewakili Kabupaten Agam.

Lanjutnya, dalam melaksanakan kegiatan ini bertujuan untuk pembinaan terhadap kelembagaan KAN yang menjadi amanah dari Permendagri No 18 Tahun 2018, Ia berharap KAN terus tumbuh dan berkembang sampai kepada kemandiriannya dalam membantu pemerintahan Nagari dan kabupaten.

Ia menyebutkan dari hasil expose ketua KAN, terdapat keunggulan kemandirian KAN Lubuk basung dari gedung dan sumber pendapatan,

“Tetapi terdapat 5 penilaian aspek, kita akan lebih lihat terkait program-program yang mengarah kepada pelestarian dan inovasi yang mengarah kepada kemajuan dan mendukung terhadap kemajuan pemerintahan Nagari dan Pemda,” tutupnya.

Acara penilaian ini juga didukung oleh Diskominfo Agam dengan menyiarkan secara langsung melalui kanal youtube Diskominfo Agam.

(jef)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600