Kabupaten AgamSumatera Barat

Buku Biografi Pak Etek Bupati Agam Dipamerkan di IIBF 2023

181
×

Buku Biografi Pak Etek Bupati Agam Dipamerkan di IIBF 2023

Sebarkan artikel ini
Buku Biografi Pak Etek Bupati Agam Dipamerkan Di Iibf 2023
Buku Biografi Pak Etek Bupati Agam, Prof Dr Hasjim Djalal berjudul “Patriot Negara Kepulauan” karya Efri Yoni Baikoeni, yang diterbitkan UMSB Press tahun 2021 dipamerkan di Indonesia International Book Fair 2023. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Pameran buku berskala internasional “Indonesia International Book Fair” atau IIBF dibuka secara resmi tanggal 27 September 2023 di ICE BSD City, Tangerang dan akan berlangsung hingga 1 Oktober 2023 mendatang.

Hadir dalam kesempatan peresmian tersebut adalah mantan Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Kegiatan pameran buku ini diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dan diikuti sebanyak 35 penerbit buku nasional termasuk IKAPI Wilayah Sumatera Barat.

Terdapat lima penerbit yang mewakili Sumbar dalam ajang bergengsi tersebut yaitu UMSB Press, Penerbit Artas, Afifah, Ferila dan Rumah Kayu.

Di antara koleksi buku yang ditampilkan IKAPI Sumbar adalah biografi Prof Dr Hasjim Djalal berjudul “Patriot Negara Kepulauan” karya Efri Yoni Baikoeni dan diterbitkan UMSB Press tahun 2021.

Hasjim Djalal dikenal sebagai seorang ahli Hukum Laut Internasional dan mantan duta besar Indonesia di beberapa negara termasuk PBB. Hasjim Djalal aktif berjuang dalam forum internasional untuk mewujudkan Indonesia sebagai Negara Kepulauan atau “Archipelagic State”.

Efri menjelaskan bahwa Hasjim Djalal telah mendapatkan pengakuan internasional berhasil diraih setelah PBB mengesahkan Konvensi Hukum Laut Internasional (UNCLOS) tahun 1982. Konsep Negara Kepulauan ini merupakan amanat dari Deklarasi Djuanda yang dikeluarkan oleh PM Djuanda tahun 1957.

Atas pengakuan tersebut maka wilayah darat dan maritim Indonesia menjadi satu, tidak lagi terpecah-pecah, dan wilayah kedaulatan serta yurisdisksi maritim Indonesia tumbuh secara signifikan dari 2 juta km persegi tahun 1945 menjadi 5,8 juta km persegi saat ini.

Hasjim Djalal dilahirkan tahun 1934 di Nagari Ampang Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, Agam. Ia merupakan anak dari pasangan suami isteri H Djalaluddin dan Hj Salamah.

Sebagai ulama yang terkenal dengan surau “Mahadul Islami” di Ampang Gadang, H Djalaluddin memiliki isteri lainnya bernama Fatimah dari Kapalo Koto, Ampang Gadang. Dari perkawinan tersebut, mereka dikaruniai 3 orang anak diantaranya Amran Djalal. Lelaki ini kemudian menikah dengan Yulizah Hamid tahun 1949 dan dikarunia 5 orang anak diantaranya Andri Warman yang lahir tanggal 4 Januari 1963. Dengan demikian, Hasjim Djalal merupakan “Pak Etek” dari Bupati Agam, H Andri Warman.

Efri juga menyebutkan perjalanan hidup seorang Hasjim Djalal juga banyak mempengaruhi perjalanan hidup dan karir seorang Andri Warman diantaranya kiprahnya sebagai akademisi di Universitas Trisakti di Jakarta.

Kegiatan IIBF bermula dari pameran buku pertama berskala nasional tahun 1980 oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

“Pameran buku IKAPI ini berperan penting dalam pengembangan gerakan literasi karena memudahkan masyarakat dalam mengakses bahan pustaka guna mendukung upaya peningkatan minat baca masyarakat dan mencerdaskan bangsa,” jelas Efri.

Penyelengaraan IIBF tahun 2023 merupakan pameran buku nasional ke-43 yang diselenggarakan IKAPI.

(jef)

Kami Hadir di Google News