Nasional

Gempa Bumi dengan Kekuatan M5,6 Guncang Sumatera Pagi Ini

214
×

Gempa Bumi dengan Kekuatan M5,6 Guncang Sumatera Pagi Ini

Sebarkan artikel ini
Gempabumi Terletak Pada Koordinat 0,94° Lu ; 93,10° Bt, Atau Tepatnya Berlokasi Di Laut Pada Jarak 445 Km Arah Barat Daya Kota Sinabang, Aceh Pada Kedalaman 10 Km.
Gempabumi terletak pada koordinat 0,94° LU ; 93,10° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 445 Km arah Barat Daya Kota Sinabang, Aceh pada kedalaman 10 km. (f/bmkg)

Mjnews.id – Gempa bumi dengan kekuatan Magnitude 5,6 pada Kamis 28 Semptember 2023 pagi ini, mengguncang wilayah Hindia Barat Sumatera.

Peristiwa Gempa bumi yang mengguncang wilayah Hindia Barat Sumatera ini terjadi sekitar sekitar pukul 00:47 WIB.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangannya mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa Gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,6.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,94° LU ; 93,10° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 445 Km arah Barat Daya Kota Sinabang, Aceh pada kedalaman 10 km. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,94° LU ; 93,10° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 445 Km arah Barat Daya Kota Sinabang, Aceh pada kedalaman 10 km.

BMKG menyatakan bJenis dan Mekanisme Gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

“Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis Gempa bmi dangkal akibat adanya aktivitas pada Investigator Fault Zone. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip),” ujar Daryono, Kamis 28 September 2023.

Daryono mengatakan bahwa dampak Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Banda Aceh dengan skala intensitas II-III MMI.

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu, Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” pungkas Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

(***)

Kami Hadir di Google News