Kabupaten AgamSumatera Barat

Bupati Agam Kukuhkan Relawan Berdaya Sosial Masyarakat Agensi, Ini Tujuannya

137
×

Bupati Agam Kukuhkan Relawan Berdaya Sosial Masyarakat Agensi, Ini Tujuannya

Sebarkan artikel ini
Bupati Agam Kukuhkan Relawan Berdaya Sosial Masyarakat Agensi
Bupati Agam, H Andri Warman Kukuhkan Relawan Berdaya Sosial Masyarakat Agensi (Relawan Bersama). (f/diskominfo)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Sosial bentuk Relawan Berdaya Sosial Masyarakat Agensi (Bersama) dalam menggalang kepedulian sosial untuk membantu masyarakat yang butuh perhatian khusus.

Sebanyak 228 Relawan Bersama dikukuhkan oleh Bupati Agam, H Andri Warman di Balairung Rumah Dinas Bupati, Jumat (6/10/2023).

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Pengukuhan tersebut dilakukan berdasarkan surat keputusan Bupati Agam nomor 411 Tahun 2023 tentang Relawan Berdaya Sosial Masyarakat Agensi Kabupaten Agam tanggal 25 September 2023.

Dinas Sosial memiliki peran penting dalam melaksanakan program dan kebijakan di sektor sosial dengan tugasnya mencakup penanganan berbagai masalah sosial yang kompleks.

Selain itu, Dinas Sosial memberikan pelayanan untuk membantu masyarakat berupa Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos), Pemberdayaan Sosial (Dayasos), dan Rehabilitasi Sosial (Rehsos).

Dalam rangka penanganan permasalahan sosial berbasis masyarakat dan peningkatan cakupan bantuan sosial bagi masyarakat yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), perlu dijangkau sumber pendanaan kolaboratif berkelanjutan yang berasal dari donatur.

Dalam sambutannya, Bupati Agam menyampaikan rasa bangga kepada tim relawan yang menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam menjemput kepedulian sosial bersama dari berbagai elemen masyarakat.

“Saya sangat bangga melalui tim relawan ini merupakan orang yang mau berkorban tanpa pamrih untuk membantu kepentingan masyarakat yang berada di wilayahnya menjadi suatu hal sangat luar biasa,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Rahmi Artati, SSTP MSi menambahkan Relawan Bersama akan menjangkau donatur yang berasal dari sektor swasta, BUMN/BUMD, masyarakat maupun perantauan yang bersedia dan berkomitmen menjadi mitra pemerintah untuk berkontribusi sebagai donatur tetap memberikan bantuan kepada masyarakat miskin.

“Diharapkan dengan terbentuknya Relawan Bersama Agam akan memberikan solusi terhadap upaya penanganan kemiskinan yang konsisten dilakukan Pemkab Agam dalam berbagai program,” tutupnya.

(jef)

Kami Hadir di Google News