Kabupaten DharmasrayaSumatera Barat

Masuk Tiga Besar, Tim Penilai Nagari Berprestasi Sumbar Kunjungi Nagari Sungai Duo

212
×

Masuk Tiga Besar, Tim Penilai Nagari Berprestasi Sumbar Kunjungi Nagari Sungai Duo

Sebarkan artikel ini
Tim Penilai Nagari Berprestasi Sumbar Kunjungi Nagari Sungai Duo
Tim Penilai Nagari Berprestasi Sumbar Kunjungi Nagari Sungai Duo. (f/kominfo)

Mjnews.id – Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya kembali berhasil masuk posisi tiga besar nagari berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat. Untuk meraih terbaik I, Tim Penilai Nagari Berprestasi Provinsi Sumbar yang dipimpin Asisten I Sekda Sumbar, Devi Kurnia, pada Selasa (20/06/2023) melakukan penilaian langsung di nagari setempat.

Keseriusan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya mendorong Nagari Sungai Duo meraih peringkat pertama dan menjadi utusan Sumbar ke tingkat nasional, ditandai dengan kehadiran Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, beserta Kapolres Dharmasraya, AKBP, Nurhadiansyah, Sekretaris Daerah, Adlisman, Asisten, kepala perangkat Daerah dan Camat pada kegiatan ekspose yang akan disampaikan Walinagari Ali Amran di hadapan tim penilai.

Dalam sambutannnya Sutan Riska mengungkapkan kebanggaannya karena nagari binaannya masuk dalam nominasi tiga besar dari 19 Kabupaen/Kota se Sumatera Barat dalam lomba nagari berprestasi Tahun 2023.

“Kami memberikan apresiasi dengan diselenggarakannya penilaian dan evaliasi ini. Karena hal ini akan menjadi pemacu bagi nagari untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimilikinya, serta dengan adanya saran dan masukan dari tim juri nantinya, tentu sangat berguna bagi perkembangan dan upaya pembenahan di masa yang akan datang,” terangnya.

Dikatakan Ketua Umum Apkasi ini, perlombaan juga akan mendorong dan memberi motivasi kepada pemerintah nagari untu bersikap sportif, positif dan berintegritas, dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Sutan Riska berharap adanya lomba nagari ini dapat memberikan motivasi dan mendidik masyarakat nagari agar berpacu semangatnya untuk membangun nagari yang berbasis pada pengembangan prakarsa dan swadaya swadaya gotong royong yang tumbuh dari bawah. Pasalnya keberhasilan pembangunan nagari akan mudah apabila didukung seluruh elemen masyarakat.

Sutan Riska juga memaparkan, Sungai Duo merupakan nagari terbaik di Kabupaten Dharmasraya yang telah banyak meraih prestasi di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional, diantaranya : Penghargaan Nagari Statistik Pertama di Sumbar Tahun 2021, juara dua pasar rakyat tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2021, Juara dua lomba desa/nagari dan kelurahan tingkat Provinsi Sumbat Tahun 2021, juara tiga LPM Nagari Provinsi Sumbar Tahun 2021.

Selain itu, Sungai Duo juga meraih penghargaan Program Kampung Iklim kategori Utama dan Madya Tahun 2021. Terbaik I lomba gerak PKK Tingkat Provinsi Sumbar Bidang Sekretariat tertib PKK dan Pokja IV Tahun 2021, dan juara dua Posyantek Provinsi Sumbar Tahun 2023.

Sutan Riska juga memaparkan dukungan upaya Pemkab Dharmasraya dalam rangka meningkatkan pembangunan masyarakat untuk menunjang akselerasi pencapaian target yang meliputi : Tingkat pendidikan, kesehatan, perkembangan ekonomi dan kerakyatan, keamanan dan ketertiban, dan tingkat partisipasi masyarakat, dan lembaga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

“Terakhir saya mengucapkan selamat berjuang kepada Nagari Sungai Duo. Saya harapkan kepada walinagari dan tim untuk dapat mempresentasikan serta menjawab seluruh pertanyaan juri secara maksimal”, tutupnya.

(wy)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600