Kemensos

Mensos Risma: Pendampingan Psikososial Pulihkan Mental Anak-anak Rentan

362
×

Mensos Risma: Pendampingan Psikososial Pulihkan Mental Anak-anak Rentan

Sebarkan artikel ini
Mensos Risma dalam kunjungannya di Kabupaten Pandeglang
Mensos Risma dalam kunjungannya di Kabupaten Pandeglang, Banten, Selasa (20/6/2023) sore. (f/humas)

Mjnews.id – Maraknya kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dan sakit berat yang dialami anak-anak di bawah umur tentu membuat miris hati siapapun. Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini menaruh perhatian besar pada anak-anak yang mengalami hal tersebut.

“Anak-anak ini masa depannya masih panjang. Kami ingin mereka kembali ke kehidupan sehari-hari seperti anak-anak seusia mereka pada umumnya,” kata Mensos Risma dalam kunjungannya di Kabupaten Pandeglang, Banten, Selasa (20/6/2023) sore.

Dalam kunjungan ini, Kementerian Sosial melalui Sentra Galih Pakuan Bogor melakukan pendampingan psikososial terhadap KS (13) dan NA (14), korban TPPO dan Muhammad Arifin (13), anak dengan thalasemia. Pendampingan psikososial diharapkan memperkuat mental anak-anak yang merupakan salah satu bagian dari kelompok rentan.

“NA dan KS akan dibawa ke Sentra Galih Pakuan untuk direhabilitasi dan diberikan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, sementara Arifin harus terus transfusi darah. Kami akan bantu aksesibilitas transportasinya supaya bisa berobat ke rumah sakit,” kata Mensos Risma.

Tak hanya memberikan semangat kepada NA, KS, dan Arifin, Mensos Risma juga menyerahkan bantuan kebutuhan dasar, nutrisi, sembako dan kebersihan diri senilai Rp15.230.200, bantuan keperluan NA dan KS sebesar Rp10.000.000, dan bantuan kewirausahaan bagi keluarga NA sebesar Rp5.000.000.

Orangtua NA dan KS berharap agar anak-anak mereka segera pulih dari trauma dan kembali menjalani kehidupan normal.

“Saya berterima kasih kepada Bu Mensos yang sudah menyemangati anak saya, semoga dia bisa berubah ceria lagi,” kata ibu KS.

Orangtua Arifin, Arman Maulana (43) merasa terharu atas kedatangan Mensos Risma di rumah sakit.

“Ibu Risma jenguk anak saya. Beliau bilang saya harus kuat karena sudah dititipi (Arifin), semoga Arifin bisa cepet sembuh,” kata Arman.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600