banner pemkab muba
Kabupaten DharmasrayaPendidikanSumatera Barat

Gubernur Sumbar Lantik Taruna-Taruni SMK Negeri 1 Koto Baru Dharmasraya

204
×

Gubernur Sumbar Lantik Taruna-Taruni SMK Negeri 1 Koto Baru Dharmasraya

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar Lantik Taruna-Taruni Smk 1 Koto Baru Dharmasraya
Gubernur Sumbar Lantik Taruna-Taruni SMK 1 Koto Baru Dharmasraya. (f/biro adpim)

Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi pola pendidikan karakter berbasis taruna yang diterapkan di SMK Negeri 1 Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya. Menurut Gubernur, pola tersebut bakal menghasilkan lulusan yang berkarakter, disiplin, dan penuh semangat nasionalisme.

Hal itu disampaikan Gubernur saat menjadi Inspektur Upacara pada Pelantikan Taruna-Taruni Angkatan VI di Lapangan Bhinneka Tunggal Ika SMK Negeri 1 Koto Baru, Senin (30/10/2023).

Kegiatan itu juga dibarengi dengan pelaksanaan job fair serta Pagelaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kearifan Lokal Minangkabau.

“Saya sangat bangga dengan pelaksanaan pendidikan karakter berbasis ketarunan di SMK kita ini. Sebab kerapian dan kedisiplinan adalah salah dua syarat untuk mencapai keberhasilan. Tanamkan hal demikian dengan optimis, sehingga SMK ini akan menjadi contoh bagi SMK dan SMA lain di Sumbar,” kata Gubernur.

Menurut Gubernur, pendidikan karakter sangat dibutuhkan di sekolah. Sebagaimana SMKN 1 Koto Baru telah menerapkan pendidikan karakter dengan pola ketarunaan, yang menerapkan prinsip kemiliteran.

“Tentu ini bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik kita. Khususnya terkait dengan kedisiplinan serta mental yang lebih baik. Pemprov Sumbar sangat mendukung terselenggaranya pendidikan karakter berbasis ketarunaan di SMK 1 Koto Baru,” ujarnya lagi.

Gubernur juga mengapresiasi status SMK N 1 Koto Baru sebagai salah satu sekolah unggulan di bidang agribisnis, khususnya untuk pengembangan tanaman perkebunan kelapa sawit, yang juga memprakarsai penyelenggaraan job fair dengan menjalin kerja sama dengan dunia kerja dan dunia industri.

Selain itu, Gubernur juga menyampaikan upaya implementasi program pemerintah dalam bidang pendidikan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) tentang Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang bertujuan untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter pelajar.

“Agar ke depan pelajar kita memiliki profil pelajar Pancasila. Saya sangat bangga dan berterimakasih kepada Kepala Sekolah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, serta masyarakat yang telah mendukung berjalannya program-program pendidikan di sekolah ini,” ujarnya lagi.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut, Gubernur juga menyematkan tanda pelantikan bagi para taruna-taruni, didampingi oleh Kepala Dinas Provinsi Sumatera Barat, Bupati, Danramil, Kapolres, Kepala SMK Negeri 1 Koto Baru, orang tua pelajar, serta Perwakilan Taruna-Taruni. (adpsb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600