Kabupaten DharmasrayaSumatera Barat

Sekda Dharmasraya Buka Job Fair SMKN 1 Koto Baru

102
×

Sekda Dharmasraya Buka Job Fair SMKN 1 Koto Baru

Sebarkan artikel ini
Sekda Dharmasraya Buka Job Fair Smkn 1 Koto Baru
Sekda Dharmasraya, Adlisman tinjau Job Fair SMKN 1 Koto Baru. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Bupati diwakili oleh Sekda Dharmasraya, Adlisman membuka secara resmi acara Pembukaan Bursa Kerja atau Job Fair SMKN 1 Koto Baru tahun 2023, pada Selasa (31/10/23).

Dalam sambutannya, Sekda mengatakan bahwa masalah ketenagakerjaan di Kabupaten Dharmasraya merupakan masalah kita bersama, bukan hanya menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah saja untuk menyelesaikannya. Namun diperlukan peran aktif masyarakat baik dari pihak pemberi kerja atau perusahaan, para pengusaha, ataupun para pencari kerja. Serta stakeholder terkait yang berhubungan dengan ketenagakerjaan, termasuk bursa kerja khusus (BKK) yang ada di SMK.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“SMKN I Koto Baru merupakan salah satu SMK pusat keunggulan yang ditetapkan pada tahun 2022. SMKN I Koto Baru sebagai satuan pendidikan vokasi diharapkan mampu membantu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan, Indonesia Emas 2045. Pemkab Dharmasraya mengajak seluruh pelaku usaha dan para pencari kerja untuk dapat bersama-sama membangun ekonomi berkelanjutan yang bertujuan untuk memberikan penghidupan yang layak bagi masyarakat Kabupaten Dharmasraya,” kata Sekda.

Salah satu upaya menangani masalah ketenagakerjaan di Kabupaten Dharmasraya yang saat ini dilakukan pemerintah daerah, diantaranya dengan mengadakan kegiatan Job Fair. Acara ini memfasilitasi atau mempertemukan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja atau perusahaan. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat mempercepat pertemuan antara pencari kerja. Sehingga mempercepat proses rekrutmen dan penempatan tenaga kerja.

“Job Fair ini bukanlah satu-satunya platform penyebarluasan informasi pasar kerja, bapak atau ibu tetap bisa mengakses informasi pasar kerja melalui layanan bursa kerja online yang ada di Dinas Transmigrasi dan tenaga kerja pengupahan maupun jaminan social serta hak-hak kesejahteraan lainnya yang dilindungi berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan di bidang ketenagakerjaan,” bebernya lagi.

Dengan memberikan perlindungan yang layak bagi tenaga kerja, maka operasional usaha diharapkan dapat terlaksana dengan baik. Sehingga baik para investor maypun tenaga kerja secara bersama-sama akan menopang ekonomi daerah dengan harmonis dan berkelanjutan.

Perkembangan teknologi informasi hari ini, tidak lagi membatasi komunikasi kita, sehingga semua jenis informasi dapat tersebar dengan cepat dan tak terbatas. Untuk itu, perlu arif dan bijak dalam memilah milih informasi. Pilihlah informasi yang berguna untuk meningkatkan kapasitas diri kita. Saat ini berbagai platform milik pemerintah maupun swasta telah memberikan kemudahan bagi semua orang mendapatkan akses ke pasar kerja.

Kita sudah dapat mengakses informasi dari gawai pintar tanpa perlu menghabiskan ongkos dan waktu untuk bekeliling-keliling mengantarkan lamaran ke perusahaan. Selain itu, kami juga mendorong oara pencari kerja untuk berwirausaha secara mandiri, sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM. Saya telah mengintruksikan kepada masing-masing perangkat daerah di lingkup pemerintah Kabupaten Dharmasraya untuk memiliki UMKM binaan. Sehingga keberlangsungan wirasusahawan di Kabupaten Dharmasraya dapat terfasilitasi dengan baik.

“Sekali lagi saya atas nama pemerintah Kabupaten Dharmasraya mengucapkan semoga kegiatan ini sukses bagi para pencari kerja dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimilki. Dan saya harap para pemberi kerja dapat memberikan kesempatan bekerja bagi pencari kerja secara professional,” pungkasnya.

(wy)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT