banner pemkab muba
Kabupaten Solok

Dirjen Binalavotas Kemnaker RI Kunjungi Kabupaten Solok

83
×

Dirjen Binalavotas Kemnaker RI Kunjungi Kabupaten Solok

Sebarkan artikel ini
Dirjen Binalavotas Kemnaker Ri Kunjungi Kabupaten Solok
Dirjen Binalavotas Kemnaker RI Kunjungi Kabupaten Solok.

Arosuka, MJNews.ID – Direktur Pembinaan Pelatihan Advokasi dan Produktivitas (Binalavotas) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Budy Hartawan bersama Direktur Bina Instruktur dan Tenaga Pelatihan Kemnaker RI Syamsi Hari beserta rombongan, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Solok, Sabtu 7 Agustus 2021 siang. 
Hadir dalam rombongan, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Sumbar Nasrizal, Kabid Binalattas Wilson, Ketua Yayasan UBH Masri Hasyar (Mantan Dirjen Kemnaker), dan Plh. Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) wilayah Padang Afridamon.
Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Bupati Solok Epyardi Asda, M.Mar di kediamannya di Singkarak.
Pada saat pertemuan Budy Hartawan menyampaikan, maksud kedatangannya adalah dalam rangka menjajaki kemungkinan adanya peluang pembangunan workshop Balai Latihan Kerja (BLK) Kejuruan Pariwisata/Barista, serta pelaksanaan kegiatan workplace pelatihan barista di Kabupaten Solok.
Menurutnya Kabupaten Solok mempunyai potensi sumber daya alam yang luar biasa, dan bisa dikembangkan untuk pelatihan kerja kejuruan pariwisata khususnya pelatihan barista. Mengingat dari informasi yang diperoleh, Kabupaten Solok juga merupakan daerah penghasil produk kopi berkualitas internasional dengan jenis robusta dan arabika.
Persoalan ketenagakerjaan pada dasarnya merupakan urusan wajib pemerintah daerah, namun Kementerian Ketenagakerjaan juga ingin mengambil peran dan bertanggungjawab secara bersama, sebagai sebuah bentuk sinergitas antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.
”Mudah-mudahan apa yang menjadi maksud kedatangan kami untuk membangun BLK Kejuruan Pariwisata di Kabupaten Solok dapat diperkenankan oleh Bapak Bupati. Jika nantinya ada lahan yang cocok, kita akan membangun workshop khususnya untuk pelatihan barista, dan akan melatih masyarakat yang ada disana. Mudah-mudahan kita bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Solok dalam menggali potensi yang ada di Kabupaten Solok, dan juga dapat membangun latihan kerja komunitas,” ungkapnya mengakhiri.
Bupati Solok memberikan respon yang positif terkait apa yang disampaikan oleh Budi Hartawan. Di samping itu, Bupati juga menyampaikan berbagai potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Solok. Baik itu dari sumber daya alam maupun sumber daya manusianya, termasuk ketenagakerjaan. Bupati juga membahas berbagai permasalahan yang dihadapi dalam membangun Kabupaten Solok.
“Saya sangat senang dengan kedatangan Bapak beserta rombongan ke Kabupaten Solok. Saya berharap melalui Dirjen Binalavotas, kami di Kabupaten Solok dapat menjalin kerjasama dan memperoleh bantuan dari Pemerintah Pusat, khususnya di bidang ketenagakerjaan. Bagaimana nantinya melalui Kemnaker, Kabupaten Solok mendapatkan bantuan berupa pelaksanaan program dan kegiatan Ketenagakerjaan untuk peningkatan taraf hidup, dan mendongkrak perekonomian masyarakat di Kabupaten Solok,” ungkap Bupati.
Menanggapi persoalan pembangunan BLK Kejuruan Pariwisata, Bupati menyampaikan pemerintah daerah mempunyai aset dalam bentuk tanah/lahan yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk area pembangunan Balai Latihan Kerja.
Bupati menegaskan akan memdukung program tersebut, untuk memajukan Kabupaten Solok. Selain Alahan Panjang, Bupati juga menyebutkan adanya lahan potensial di Nagari Sungai Nanam.
Bupati juga mengatakan terdapat lahan potensial lainnya yang berada tepat di sebelah komplek perkantoran Bupati di Arosuka (THKW).
“Saya selaku Bupati akan mendukung 100 persen, jika memang ini semua tujuannya untuk kemajuan Kabupaten Solok,” tegasnya mengakhiri.
Usai pertemuan, rombongan bertolak menuju THKW Arosuka yang berpotensi dan berpeluang untuk dimanfaatkan sebagai lahan untuk membangun BLK Komunitas tersebut.
(zal)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600