Kabupaten SolokSumatera Barat

UPTD BLK DPMPTSP dan Naker Kabupaten Solok Latih Ibu Rumah Tangga Kreatif Usaha Kuliner

283
×

UPTD BLK DPMPTSP dan Naker Kabupaten Solok Latih Ibu Rumah Tangga Kreatif Usaha Kuliner

Sebarkan artikel ini
Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja (Uptd Blk Dpmptsp Dan Naker) Kabupaten Solok, Zulia Ermawati
Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (UPTD BLK DPMPTSP dan Naker) Kabupaten Solok, Zulia Ermawati. (f/obral)

Mjnews.id – Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (UPTD BLK DPMPTSP dan Naker) Kabupaten Solok, Zulia Ermawati, SH motivasi masyarakat Kabupaten Solok guna memperpertajam kemauan dan kemampuan keahlian di bidang skill dan keterampilan yang diinginkan.

Workshop BLK ini sangat berguna menuju dan memperoleh peluang serta kesempatan kerja di dunia usaha dan industri.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Ungkapan ini dikatakan Kepala UPTD BLK DPMPTSP dan Naker Kabupaten Solok, Zulia Ermawati saat dijumpai awak media ini di kantornya, Selasa 11 Juli 2023.

Menurut Zulia Ermawati, UPTD BLK ini berperan serta secara personal serta kelembagaan pemerintah melalui dinas dan instansi terkait dapat meloby dunia industri supaya info peluang kesempatan kerja bagi para pencari kerja.

Wilayah yang Zulia terobos untuk memperoleh informasi peluang kerja bukan hanya di daerah kabupaten/kota serta dalam Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) saja, melainkan sampai ke provinsi tetangga yang lebih banyak perusahaan perusahaan bonafide.

“Informasi yang diperolehnya dapat menjadi modal peluang dan kesempatan kerja bagi Pencari Kerja (Pencaker) di pilar kerja bagi masyarakat bareh Solok ini,” katanya.

“Dengan cara ini, kita dapat menginfokan secara langsung mau pun melalui akun job digitalisasi terkait ini pada masyarakat usia kerja sesuai bidang skill dan keterampilan yang dilatihnya melalui kegiatan workshop di Balai Latihan Kerja/BLK UPTD ini”, ungkapnya.

“Pada UPTD BLK ini telah terdapat 4 jenis workshop dengan masing masing bidang pelatihan kerja seperti bidang Kelistrikan, Otomotif, Teknik Bangunan, dan Keahlian Kuliner”, imbuhnya.

Zulia Ermawati menjelaskan bahwa pada UPTD BLK ini telah terdapat sebanyak 9 orang instruktur untuk memberikan ilmu keterampilan sesuai dengan keterampilan yang dibutuhkan serta yang diinginkan masyarakat.

“Kita telah punya sebanyak 9 orang tenaga instruktur di dalam UPTD BLK ini berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), bahkan instruktur ASN di sini ada yang bertitel pendidikan Sarjana (S-2) sesuai background disiplin ilmunya yang dibutuhkan UPTD BLK ini”, ulasnya.

Dengan demikian, sehingga masyarakat di sini telah menjadi generasi kreatif di bidangnya dalam usia kerja.

“Bahkan, dampak positif dari kegiatan pelatihan keterampilan yang diselenggarakan melalui workshop UPTD BLK ini, ilmu keterampilannya telah menjadi sebuah usaha yang bisa menghidupi keluarga bagi ibu rumah tangga, kreatif membuka usahanya sebagai produk kuliner dagangan dan jualan”, pungkasnya.

(Obral)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT