NasionalParlemen

Muhaimin Iskandar Nilai Keberadaan BLK Komunitas Percepat Peningkatan Kapasitas SDM

142
×

Muhaimin Iskandar Nilai Keberadaan BLK Komunitas Percepat Peningkatan Kapasitas SDM

Sebarkan artikel ini
Muhaimin Iskandar Bersama Menaker Ida Fauziyah Dalam Acara &Quot;Silaturahim Nasional Santri Vokasi Dan Rapat Koordinasi Balai Latihan Kerja Komunitas (Blkk) Tahun 2023&Quot;
Muhaimin Iskandar bersama Menaker Ida Fauziyah dalam acara "Silaturahim Nasional Santri Vokasi dan Rapat Koordinasi Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Tahun 2023" di Jombang, Jawa Timur, Minggu (13/8/2023) malam. (f/ist)Muhaimin Iskandar bersama Menaker Ida Fauziyah dalam acara "Silaturahim Nasional Santri Vokasi dan Rapat Koordinasi Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Tahun 2023" di Jombang, Jawa Timur, Minggu (13/8/2023) malam. (f/ist)

Mjnews.id – Wakil Ketua DPR bidang Koorkesra, Muhaimin Iskandar menilai bahwa sebanyak 3.757 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang tersebar di seluruh tanah air akan mempercepat peningkatan kapasitas SDM.

“Komitmen terus tumbuh kembang dan mencapai puncak di era Presiden Jokowi. Dari hasil diskusi dengan Presiden, tak mungkin percepatan peningkatan kapasitas SDM hanya mengandalkan lembaga-lembaga pendidikan formal,” kata Muhaimin di Jakarta, Senin (14/8/2023).

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Hal itu dikatakan Muhaimin dalam sambutan acara “Silaturahim Nasional Santri Vokasi dan Rapat Koordinasi Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Tahun 2023” di Jombang, Jawa Timur, Minggu (13/8/2023) malam.

Muhaimin menilai diperlukan suatu terobosan untuk mempercepat peningkatan kapasitas SDM.

Menurut dia, satu-satunya terobosan paling efektif yaitu dengan memperbanyak BLK di seluruh lingkungan masyarakat.

Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan hingga akhir tahun 2022, Kemnaker telah membangun 3.757 BLK Komunitas di seluruh wilayah Indonesia dengan kapasitas peserta pelatihan sebanyak 225.420 orang.

Setiap tahun, Kemnaker terus melakukan evaluasi terkait teknis pelaksanaannya dan kebermanfaatan BLK Komunitas bagi masyarakat.

Setelah dilakukan klasifikasi, BLK komunitas Mandiri sebanyak 492 lembaga. Klasifikasi Berkembang sebanyak 1.534 lembaga dan Klasifikasi Tumbuh sebanyak 1.731 lembaga.

Sementara itu, jumlah BLK Komunitas terakreditasi sebanyak 124 lembaga dan 125 BLK Komunitas telah menjadi Inkubator Kewirausahaan.

(***)

Kami Hadir di Google News