Kabupaten SolokSumatera Barat

Ratusan Warga Luar Sumbar Ikut Meriahkan Minangkabau Basepeda Salingka Danau Singkarak

141
×

Ratusan Warga Luar Sumbar Ikut Meriahkan Minangkabau Basepeda Salingka Danau Singkarak

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Minangkabau Basepeda Salingka Danau Singkarak
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Minangkabau Basepeda Salingka Danau Singkarak, Sabtu (30/9/2023). (f/biro adpim)

Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah melepas ribuan peserta acara Minangkabau Basepeda Salingka Danau Singkarak di Dermaga Singkarak, Sabtu (30/9/2023).

Gubernur mengatakan, melihat tingginya keterlibatan masyarakat luar Sumbar dalam acara ini, menandakan tujuan daerah dalam mempromosikan potensi lokal melalui penyelenggaraan even berskala nasional tercapai.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

“Kita bersyukur sambutan masyarakat akan kegiatan ini cukup bagus, ribuan orang hadir dalam acara Minangkabau Basepeda, Alhamdulillah,” ucap Gubernur Mahyeldi.

Selanjutnya Gubernur Mahyeldi mengatakan, selain untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sumbar ke-78 yang jatuh pada tanggal 1 Oktober, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata dan produk UMKM Sumbar secara nasional.

Melihat tingginya animo peserta mengikuti acara tersebut yang tidak hanya datang dari Sumbar tapi juga ada dari luar daerah. Gubernur meyakini tujuan dasar penyelenggaraan acara ini tercapai.

“Acara ini juga diikuti oleh peserta dari luar Sumbar seperti, dari Lampung, Pekanbaru, Medan. Rata-rata mereka berada disini selama 3 hari, sehingga ada konsumsi disana, ada perputaran ekonomi di sana. Ini juga sesuai dengan semangat yang selalu kita bangun, agar setiap kegiatan yang digelar harus berdampak positif untuk masyarakat dan daerah,” ungkap Gubernur Mahyeldi.

Lebih lanjut Mahyeldi berharap, bagaimana agar setiap orang yang darang ke Sumbar mendapatkan kesan yang positif, sehingga mereka selalu berkeinginan untuk kembali. Untuk mewujudkan itu, Mahyeldi minta seluruh pihak dapat memberikan dukungannya secara nyata, salah satunya dengan cara menjadi tuan rumah yang baik bagi setiap tamu datang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Maifrizon melaporkan kegiatan yang digelar untuk memeriahkan HUT Provinsi Sumbar ke-78 tersebut diikuti lebih kurang 10 ribu peserta dan akan menempuh rute mengelilingi Danau Singkarak sepanjang 58 Kilometer ke arah utara, dengan melalui beberapa titik checkpoint di sepanjang jalur.

“Titik checkpoin pertama berada di Intake PLTA Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar dan yang kedua di Lapangan Ondoh, Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok. Kemudian finish di Dermaga Singkarak,” kata Maifrizon.

Lebih lanjut Maifrizon menyampaikan, dalam kegiatan tersebut panitia telah mendiatribusikan lebih kurang 10 ribu kupon doorprize kepada setiap peserta, dengan hadiah utama berupa 1 unit sepeda listrik dan 78 unit sepeda biasa, kemudian juga ada sejumlah hadiah menarik lainnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar; Wali Kota Solok, Zul Elfian; Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Rayen Obersyl; Anggota DPR RI, Athari Gauthi Ardi serta sejumlah pejabat lainnya.

(adpsb)

Kami Hadir di Google News