Kepulauan MentawaiSumatera Barat

Buka Festival Pesona Mentawai, Ini Kata Wagub Sumbar

258
×

Buka Festival Pesona Mentawai, Ini Kata Wagub Sumbar

Sebarkan artikel ini
Pembukaan Festival Pesona Mentawai
Pembukaan Festival Pesona Mentawai. (f/biro adpim)

Mjnews.id – Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Audy Joinaldy menyebut, kekayaan Kepulauan Mentawai tidak hanya pantai, tapi banyak potensi lainnya. Namun, kekayaan itu belum banyak diketahui masyarakat luas.

Hal tersebut diungkapkan Wagub Audy, saat membuka Festival Pesona Mentawai (FPM), Rabu (4/10/2023) malam.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Menurutnya, FPM merupakan salah satu solusi untuk promosi berbagai potensi Mentawai kepada masyarakat luas. Sebab, dalam acara itu menampilkan beragam potensi daerah berjuluk Bumi Sikerei. Di antaranya seni dan budaya lokal, kuliner, nilai-nilai tradisi, sejarah, serta peluang investasi.

“Jika ingin mengetahui lebih jauh tentang Mentawai cukup hadir saja dalam acara FPM. Semua tersaji disini secara lengkap dan utuh. Kegiatan ini adalah etalase Bumi Sikerei,” ujar Wagub saat membuka acara FPM.

Wagub mengatakan, selama ini Kepulauan Mentawai dikenal sebagai surga bagi peselancar asing karena ombak yang menantang. Tujuan wisatawan mancanegara ke Sumatera Barat dominasinya menuju Mentawai. Namun, pada Pandemi Covid-19, kunjungan mengalami penurunan signifikan. Saat ini, ketika kran pergerakan orang sudah dibuka, Mentawai harus kembali ramai dengan wisatawan.

Sementara itu, berdasar Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah kunjungan wisatawan ke Sumbar dalam kurun waktu tiga tahun terakhir menunjukkan trend penurunan, kondisi itu terjadi karena dampak Pandemi Covid-19.

Adapun rincian untuk jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke Sumbar pada tahun 2020 jumlahnya sebanyak 8.041.868 orang, kemudian tahun 2021 turun menjadi 4.785.886 orang, dan kembali meningkat pada tahun 2022 menjadi 5.913.795 orang.

Sementara untuk kunjungan wisatawan mancanegara, pada tahun 2020 jumlahnya tercatat sebanyak 10.875, itu menurun drastis menjadi nol pada tahun 2021 dan kembali naik menjadi 4.144 orang pada tahun 2022.

Khusus untuk kunjungan wisatawan ke Mentawai, jumlah kunjungan wisatawan nusantaranya pada tahun 2020 sebanyak 122.793 orang, tahun 2021 turun menjadi 318 orang, dan kembali turun jauh menjadi 5 orang pada tahun 2022.

Sedangkan untuk kunjungan wisatawan mancanegara selama kurun waktu tersebut, kondisinya berjalan tidak sesuai harapan, hal itu disebabkan karena adanya Pandemi Covid-19.

“Tingkat kunjungan wisatawan ke Mentawai dalam kurun waktu 3 tahun terakhir menunjukkan trend penurunan. Kondisi demikian, tidak hanya terjadi di Mentawai, tapi juga dialami seluruh daerah destinasi wisata di Indonesia,” kata Audy.

Kami Hadir di Google News