Kota BukittinggiSumatera Barat

Wako Erman Safar Launching Sistem Bukittinggi Hebat dan Kartu Bukittinggi Hebat

235
×

Wako Erman Safar Launching Sistem Bukittinggi Hebat dan Kartu Bukittinggi Hebat

Sebarkan artikel ini
Launching Sistem Bukittinggi Hebat dan Peluncuran Kartu Bukittinggi Hebat
Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hadiri Launching Sistem Bukittinggi Hebat dan Peluncuran Kartu Bukittinggi Hebat. (f/humas)

MJNews.id – Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar akhirnya melaunching Sistem Bukittinggi Hebat dan meluncurkan Kartu Bukittinggi Hebat. Keduanya diluncurkan dan disaksikan langsung Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balairung rumah dinas wali kota Senin (09/10/2023).

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menjelaskan, Sistem Bukittinggi Hebat, merupakan sistem database yang digunakan untuk mempelajari gerak masyarakat di bidang ekonomi, usia, sosial dan bidang lainnya, sehingga bisa menjadi data akurat untuk menelurkan program program kemasyarakatan nantinya. Sistem ini akan terintegrasi dengan setiap SKPD.

Selain itu, Sistem Bukittinggi Hebat juga menyediakan informasi layanan untuk masyarakat, serta seluruh aplikasi terkait kegiatan kepemerintahan. “Masyarakat dan ASN bisa mengakses informasi Kota Bukittinggi melalui Sistem Bukittinggi Hebat,” ujar Erman.

Terkait Kartu Bukittinggi Hebat, Wako menjelaskan, bahwa dengan kartu ini, identitas masyarakat yang masuk DTKS dapat diketahui secara langsung. Barcode yang tertera, dapat discan melalui Sistem Bukittinggi Hebat, sehingga nanti akan keluar informasi terkait penerima bantuan. Apakah yang bersangkutan sudah menerima bantuan sembako atau apapun bantuan sosial yang disediakan oleh pemerintah.

“Kartu Bukittinggi Hebat ini terintegrasi dengan Sistem Bukittinggi Hebat. Jadi warga yang terdaftar dalam DTKS mendapatkan kartu ini, sehingga bisa diketahui apakah yang bersangkutan telah menerima bantuan PKH, bantuan lansia, bantuan kesehatan atau apapun bantuan dari pemerintah,” jelasnya.

Kartu Bukittinggi Hebat memiliki tiga fungsi, pertama sebagai akses untuk mendapatkan bantuan kebutuhan dasar seperti sembako dan bantuan langsung tunai. Fungsi kedua, kartu “Bukittinggi Hebat” mengakses bantuan sosial berbasis pendidikan. Manfaat ketiga kartu “Bukittinggi Hebat,”, masyarakat akan mendapatkan akses bantuan sosial di bidang kesehatan.

Anggota DPRD Sumbar, Nofrizon, menyampaikan, terima kasih pada Komut Pertamina yang datang ke Bukittinggi untuk bantu masyarakat dengan gas 3 kg. Selain itu, ia juga apresiasi Wali Kota Bukittinggi yang melaunching Sistem Bukittinggi Hebat dan Kartu Bukittinggi Hebat.

“Sistem Bukittinggi Hebat dan Kartu Bukittinggi Hebat ini luar biasa,” ujarnya.

Sementara itu, Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok, mengapresiasi Wali Kota Bukittinggi yang telah memiliki Sistem Bukittinggi Hebat dan Kartu Bukittinggi Hebat.

“Sistem Bukittinggi Hebat dan Kartu Bukittinggi Hebat ini penting. Saya berharap satu Sumbar belajar ke Bukittinggi. Saya berharap program KBH ini diperluas. Bukittinggi beruntung punya wali kota yang perhatian dengan warganya,” ungkapnya.

Dalam lawatannya ke Bukittinggi, Ahok selaku Komut Pertamina, menyalurkan gas 3 kg melalui kelurahan/desa/nagari.

(aii/ril)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600