Kota BukittinggiSumatera Barat

Pemko Bukittinggi Gelar Lomba Cipta Menu B2SA dan Masak Serba Ikan

235
×

Pemko Bukittinggi Gelar Lomba Cipta Menu B2SA dan Masak Serba Ikan

Sebarkan artikel ini
Pemko Bukittinggi Gelar Lomba Cipta Menu B2Sa Dan Masak Serba Ikan
Walikota Erman Safar hadiri Lomba Cipta Menu B2SA dan Masak Serba Ikan tingkat Kota Bukittinggi. (f/siti aisyah)

MJNews.id – Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pertanian dan Pangan, gelar Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) dan Lomba Masak Serba Ikan Tahun 2023. Penilaian dilaksanakan langsung di Pedestrian Jam Gadang, Kamis (12/10/2023).

Ketua TP PKK, Ny. Fiona Agyta Erman Safar, selaku Ketua Forikan Bukittinggi, menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung upaya memasyarakatkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman dengan memanfaatkan sumber daya bahan lokal.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (b2sa) dan lomba masak serba ikan tingkat Kota Bukittinggi ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

“Harapan kita upaya ini dapat lebih maksimal dan memberi dampak yang lebih luas kepada masyarakat serta menciptakan kreatifitas dan keanekaragaman menu, cara pengolahan, perubahan pola menu makanan menjadi menu beragam bergizi seimbang dan aman dikonsumsi (B2SA),” ungkapnya.

Ny. Fiona Agyta, menambahkan, lomba ini diikuti oleh 3 Kader PKK dari masing-masing Kelurahan sebagai peserta Lomba Cipta Menu B2SA dan 3 orang Kader PKK sebagai peserta lomba masak serba ikan yang diikuti seluruh kelurahan Kota Bukittinggi.

Sementara itu, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, lomba Cipta B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) dan lomba masak ikan ini diadakan oleh pemko Bukittinggi karena ikan dianggap memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi untuk pertumbuhan anak.

Kreativitas ini menjadi pemicu untuk masyarakat melahirkan inovatif untuk mengkonsumsi ikan setiap hari, sehingga dapat dijadikan menu makanan setiap hari untuk meningkatkan gizi masyarakat dan menekankan penurunan stunting.

“Dengan menyediakan bekal makan siang B2SA dan snack sehat untuk anak sekolah serta mengalakkan kosumsi ikan kita persiapkan generasi emas menuju Bukittinggi hebat,” ungkapnya.

Wako menambahkan, Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) merupakan program nasional yang dicanangkan untuk mengkampanyekan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini, karena banyak kandungan gizi yang terdapat pada ikan, sangat penting untuk pertumbahan dan kecerdasan otak.

Tahun ini Kota Bukittinggi mewakili Sumatra Barat untuk lomba forikan tingkat nasional yang terdiri dari tiga kategori. Menu balita, menu kudapan dan menu keluarga. Lomba ini akan dilaksanakan pada bulan November mendatang.

(aii/ril)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT