Kota BukittinggiSumatera Barat

Minang Geopark Run 2023 di Bukittinggi Sukses

164
×

Minang Geopark Run 2023 di Bukittinggi Sukses

Sebarkan artikel ini
Minang Geopark Run 2023
Minang Geopark Run 2023. (f/humas)

Mjnews.id – Kota Bukittinggi sukses jadi tuan rumah event lomba lari Minang Geopark 2023. Tidak kurang dari 1.500 pelari menjajal rute dengan jarak 5k, 10k dan 21k.

Gubernur Sumbar bersama Sekda Bukittinggi, lepas para peserta secara bertahap sesuai kategori, di depan Istana Bung Hatta, Minggu 10 Desember 2023.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Wali Kota Bukittinggi melalui Sekda, Martias Wanto, bangga dengan ditunjuknya Bukittinggi sebagai tuan rumah pelaksanaan Minang Geopark Run 2023. Kegiatan ini tentu akan menambah daya tarik Kota Bukittinggi sebagai Kota Wisata, yang juga dapat menyuguhkan sport tourism.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, menyampaikan, Pemprov Sumbar menyambut baik pelaksanaan Minang Geopark Run 2023. Ini sejalan dengan program Pemprov, tahun kunjungan pariwisata 2023, bertajuk Visit Beautiful West Sumatra. Target Pemprov, tahun 2023 ini, 8,2 juta kunjungan wisatawan ke Sumatra Barat, termasuk ke Kota Bukittinggi.

Gubernur Mahyeldi menyebutkan, iven Minang Geopark Run menjadi momen penting untuk membangun kolaborasi dan sinergi di antara pemerintah, pelaku wisata, ekonomi kreatif, dan pemangku kepentingan terkait. Ia menegaskan, keterlibatan banyak pihak dalam berbagai iven kepariwisataan harus berdampak positif pada pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Sumbar.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda, menyatakan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan iven Minang Geopark Run 2023, sebagai salah satu iven pariwisata penutup tahun kunjungan 2023 yang membahagiakan. Pada tahun ini, Luhur memyebutkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumbar hingga Oktober 2023 sudah mencapai 8,1 juta.

Selanjutnya Founder Minang Geopark Run 2023, Y. V. Tri Saputra, menjelaskan, event lomba lari ini, diikuti sekitar 1500 peserta. Dimana, 92 persen peserta berasal dari luar Kota Bukittinggi.

Ia menilai, Bukittinggi luar biasa. Antusias peserta sangat tinggi. Sekitar 1.500 peserta hadir di Bukittinggi. Tak kurang 50 komunitas pelari, menjajal track Minang Geopark Run 2023.

(aii)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT