banner pemkab muba
Kota PadangPendidikan

DPL KKN Unand Resmikan Pojok Literasi di Kelurahan Pisang

86
×

DPL KKN Unand Resmikan Pojok Literasi di Kelurahan Pisang

Sebarkan artikel ini
Rima Semiarti Serahkan Buku
Dosen Pembimbing Lapangan Kuliah Kerja Nyata (DPL KKN) Unand Kelurahan Pisang, Dr dr Rima Semiarti, MERS menyerahkan buku. (ist)

PADANG, MJNews.ID – Rendahnya minat baca masyarakat di RT 03/05, Koto Parak Kelurahan Pisang, Kecamatan Pauh, Kota Padang membuat mahasiswa KKN Unand Kelurahan Pisang mendirikan Pojok Literasi di Poskamling tersebut.
Pada Minggu 22 Agustus 2021, pojok literasi tersebut diresmikan Dosen Pembimbing Lapangan Kuliah Kerja Nyata (DPL KKN) Unand Kelurahan Pisang Dr dr Rima Semiarti, MERS dengan pihak kelurahan Pisang yang dihadiri Ketua RT 03/05, Ketua RT 04/05, dosen pembimbing lapangan mahasiswa KKN Unand Kelurahan Pisang, Perwakilan TSA Unand, masyarakat RT 03/05 dan Mahasiswa KKN UNAND Kelurahan Pisang.
Rima Semiarti mengharapkan kegiatan pojok literasi bisa menjadikan suatu hal yang inovatif dan melihat kemajuan. Sebab, anak-anak sekarang yang sibuk dengan gadget. 
“RT dan RW kelurahan lainnya bisa mencontoh ini. Dan saya harap pojok literasi ini tidak berhenti disini saja, namun berkelanjutan. Sebab membaca adalah jambetan emas menuju kesuksesan,” tegasnya. 
Ketua RT 03/05 Yusrizal mengharapkan adanya semacam lapak baca untuk mewadahi anak-anak sekolah dasar yang saat ini cukup kesulitan melaksanakan pembelajaran secara daring. 
Ketua KKN Unand, Hafizh Dzakki Muzaffar mengatakan, kegiatan ini terlaksana hasil kerjasama antara Mahasiswa KKN Unand Kelurahan Pisang dengan RT/RW 03/05. 
Dalam pelaksanaan Pojok Literasi ini, Mahasiswa KKN Unand juga berkolaborasi dengan TSA (Tanoto Scholar Association) Universitas Andalas, sebuah organisasi penerima beasiswa Teladan dari Tanoto Foundation.
Pojok Literasi TSA Unand turut mendukung Tujuan ke-4 SDGs, yaitu ‘pendidikan yang berkualitas’.
Acara puncak berupa pemotongan pita dilakukan DPL KKN Pisang dan Ketua RT 03 RW 05. Kegiatan dilanjutkan dengan acara non-formal yang dipandu mahasiswa/I KKN dengan partisipan anak-anak sekitar yang berjumlah 18 orang. 
Kegiatan berupa lomba ranking 1 bertema wawasan kebangsaan mengingat masih dalam semangat peringatan kemerdekaan RI ke-76.
(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600