Kota PadangSumatera Barat

Ganjar Milenial Center Sumbar dan Pegiat Sosial Ajak Masyarakat Kurangi Sampah Rumah Tangga

114
×

Ganjar Milenial Center Sumbar dan Pegiat Sosial Ajak Masyarakat Kurangi Sampah Rumah Tangga

Sebarkan artikel ini
Milenial Center Sumatera Barat Bersama Pegiat Sosial Bank Sampah Mengadakan Kegiatan Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Bio Enzim Kepada Puluhan Masyarakat Di Jalan Raya Ampang, Kuranji, Padang
Milenial Center Sumatera Barat bersama pegiat sosial bank sampah mengadakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Bio Enzim kepada puluhan masyarakat di Jalan Raya Ampang, Kuranji, Padang, Sabtu (30/9/2023). (f/ist)

Mjnews.id – Mengingat semakin banyak sumbangan sampah rumah tangga di Kota Padang, Ganjar Milenial Center Sumatera Barat bersama pegiat sosial bank sampah mengadakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Bio Enzim kepada puluhan masyarakat di Jalan Raya Ampang, Kuranji, Padang, Sabtu (30/9/2023).

Pegiat Sosial, Nora Fitriawati (44) menilai kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk mengurangi sampah rumah tangga dan dapat digunakan untuk kebutuhan rumah.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Ini sangat bermanfaat apalagi ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, seperti alat pembersih lantai dan pakaian, cuci piring, toilet dan kaca. Ini bisa dimanfaatkan sama semua kalangan,” kata Nora.

Selain dimanfaatkan untuk rumah tangga, bio enzim ini pun dipercayai untuk menyuburkan tanaman dan tumbuhan sehingga mendapatkah buah dari hasil panen secara optimal.

“Sebagai pupuk organik tentu ini bisa juga digunakan untuk tanaman maupun tumbuhan,” lanjut Nora.

Selain konsumsi rumah tangga, manfaat lainnya bisa menjadi peluang usaha, namun harus melalui beberapa prosedur dan tahapan untuk siap dipasarkan.

“Potensi usaha ada, cuma memang harus melalui beberapa proses terlebih dahulu baru bisa dipasarkan karena kan ini organik ya, jadi prosedurnya harus dijalankan lebih ketat. Yang penting kita sosialisasi di tingkat rumah tangga terlebih dahulu,” kata Nora.

Nora ingin melalui kegiatan yang diadakan Ganjar Milenial Center bisa meningkatkan semangat dan kepedulian masyarakat terhadap sampah itu sendiri. Sebab apabila diolah, sampah bisa jadi berkah.

“Semangatnya adalah yuk kita peduli sama sampah kita masing-masing, walaupun kecil untuk mengurangi penumpukan sampah tapi apabila dilakukan oleh banyak masyarakat ujungnya pasti akan menumpung di tempat pembuangannya,” pungkas Nora. (***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT