Kota PayakumbuhLimapuluh KotaSumatera Barat

Perantau Bakor Paliko Pulang Kampuang, dari Malaysia dan Australia Juga Ikut

229
×

Perantau Bakor Paliko Pulang Kampuang, dari Malaysia dan Australia Juga Ikut

Sebarkan artikel ini
Perantau Bakor Paliko Saat Perjamuan Bersama Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman
Perantau Bakor Paliko saat perjamuan bersama Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman, Senin (11/12/2023) malam. (f/humas)

Mjnews.id – Perantau Minangkabau yang tergabung dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Payakumbuh-Limapuluh Kota (Bakor Paliko) Indonesia, Malaysia, dan Australia pulang kampung ke Luak Limopuluah.

Ajang pulkam bertajuk “Marajuik hati ranah jo rantau” ini dilaksanakan selama 4 hari, 10 sampai 13 desember 2023, bertepatan juga dengan jelang hari ulang tahun Kota Payakumbuh yang ke-53 di bulan ini.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Ketua Umum Bakor Paliko, Periasman Effendi saat perjamuan bersama Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman di Kantor Wali Kota, Senin (11/12/2023) malam, mengatakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan seperti beramah tamah dengan Gubernur Sumbar, Pj. Wali Kota Payakumbuh. Juga ada kegiatan jalan santai, sunatan massal, dan bakti sosial lainnya seperti parenting bertema narkoba untuk guru di Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

“Sesuai dengan tema kegiatan ini, sajauah-jauah bangau tabang, pulangnyo ka kubangan juo, badan kami di rantau, nan hati tetap takana kampuang,” kata Periasman.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman Rizal mengatakan adalah sebuah kejutan/surprise baginya kedatangan para perantau Luak Limopuluah yang selalu ingat dan ingin berbakti untuk kampung halaman.

Dia juga mengajak perantau agar selalu melestarikan budaya Minangkabau meski mereka berada di luar daerah dan luar negeri. Karena adat budaya merupakan penanda atau identitas dari orang Minangkabau

“Bagi kami Perantau adalah aset nagari. Merunut kepada sejarah, orang Minangkabau yang banyak sukses itu yang pergi merantau, karena mereka survive di luar, membawa filosofi hidup takuruang nak di lua, taimpik nak di ateh,” tutupnya.

Wakil Ketua Umum Bakor Paliko yang juga termasuk panitia pelaksana acara pulang kampung ini Joni Hendri saat diwawancara media mengatakan dukungan dari Perantau Australia, Malaysia, dan Indonesia sangat luar biasa, diakui acara ini sudah direncanakan jauh hari agar bisa dapat waktu untuk pulang kampung.

Pada hari Selasa dilaksanakan pembukaan acara HUT ke 53 Kota Payakumbuh, jalan santai, dan penyerahan voucher sunatan massal dan santunan. Kemudian pada Rabu, digelar parenting untuk guru SMP dan sederajat se-Luak Limopuluah, serta pertandingan persahabatan Bakor Paliko FC

“Untuk acara sunatan digelar bagi 100 anak yatim/duafa bertempat di Aula Fakultas Pertanian Unand dan akan dibuka oleh Sekda Kota Payakumbuh,” ujarnya.

Dalam acara tersebut tampak hadir Dewan pembina Bakor Paliko Rezka Oktoberia yang juga merupakan Anggota DPR RI dapil Sumbar II. (Rel/Yud)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT