banner pemkab muba
BudayaKota Sawahlunto

Presiden Jokowi 3 Kali Sebut Kota Sawahlunto dalam Kaitannya dengan Jaringan Kota Pusaka Indonesia

127
×

Presiden Jokowi 3 Kali Sebut Kota Sawahlunto dalam Kaitannya dengan Jaringan Kota Pusaka Indonesia

Sebarkan artikel ini
Anugerah Bakti Utama Pusaka
Wako Sawahlunto, Deri Asta pada Sabtu (4/12/2021) mendampingi Ketua Presidium JKPI Bima Arya untuk menyerahkan penghargaan Anugerah Bakti Utama Pusaka dari JKPI kepada Presiden RI, Joko Widodo, di Istana Bogor.
SAWAHLUNTO, Mjnews.id – Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta, SH pada Sabtu (4/12/2021) mendampingi Ketua Presidium Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) Bima Arya (Wako Bogor), untuk menyerahkan penghargaan Anugerah Bakti Utama Pusaka dari JKPI kepada Presiden RI Joko Widodo, di Istana Bogor. 
Penghargaan ini diberikan, atas kontribusi luar biasa dari Jokowi (Presiden RI) dalam berkomitmen dan kinerjanya menjaga serta merawat kota tua (heritage). Jokowi merupakan salah satu deklarator (pendiri) JKPI ketika masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. 
Saat itu, almarhum Amran Nur, Wali Kota Sawahlunto (2003-2013), bersama Jokowi (Wako Solo) mendirikan JKPI. 
Jokowi dalam sambutannya justru menunjukkan perhatian dan apresiasinya terhadap kota tua Sawahlunto. Bahkan sampai tiga (3) kali, Jokowi menyebut Kota  Sawahlunto. 
Presiden RI menyampaikan ucapan selamat kepada Kota Sawahlunto, yang telah mendapatkan pengakuan sebagai Kota Warisan Dunia (World Heritage) dari Unesco. Hal ini, merupakan wujud nyata dari lembaga tingkat internasional yang menilai kekayaan sejarah dan budaya dari kota tua (heritage) Sawahlunto. 
“Karenanya, saya sampaikan ucapan selamat untuk Kota Sawahlunto yang dalam Kongres V JKPI telah didaulat sebagai Ibu Kota Warisan Sejarah,” ujar Jokowi. 
Lebih lanjut Presiden Jokowi menghimbau kepada para kepala daerah kota/kabupaten pusaka lainnya agar melakukan kreasi dan inovasi dalam mengemas warisan heritage menjadi daya tarik bagi wisatawan dan millenial (generasi muda). 
Namun tentunya kreasi dan inovasi tersebut tidak boleh menganggu apalagi menghilangkan unsur orisinal/otentik dari kota tua atau kota pusaka yang sudah ada. 
Sementara itu, Kota Sawahlunto tentunya telah dan akan terus berkomitmen dalam menjalankan pesan dari bapak presiden Jokowi itu. Buktinya, Pemko Sawahlunto bersama  masyarakat, bersinergi dalam menjaga dan merawat kota tua (heritage), yang merupakan penghargaan Pratistha Pusaka Award 2021 dari JKPI dan sebagai apresiasi terhadap kota/kabupaten dalam melestarikan nilai heritage. 
“Hal ini ditambah lagi dengan  salah satu pendiri JKPI selain Joko Widodo adalah Amran Nur (Wali Kota Sawahlunto 2003-2013). Artinya, sejak dahulu, Kota Sawahlunto sudah berkontribusi dalam merawat dan menjaga kota pusaka di Indonesia,” pungkas Wako Sawahlunto, Deri Asta, SH.
(Fidel)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600