Kota SawahluntoEkonomiKulinerSumatera Barat

Minyak Kelapa Khas Talawi Buatan Nofriwenti, Pelezat Masakan dan Penggugah Selera Makan

216
×

Minyak Kelapa Khas Talawi Buatan Nofriwenti, Pelezat Masakan dan Penggugah Selera Makan

Sebarkan artikel ini
Minyak Tanak Khas Talawi Buatan Nofriwenti
Minyak Tanak Khas Talawi Buatan Nofriwenti. (f/yuni)

MJNews.id – Minyak Kelapa Khas Talawi menjadi salah satu pelezat masakan yang biasa dikonsumsi Masyarakat Kota sawahlunto. Keberadaan Minyak kelapa ini menjadi salah satu penggugah selera makan jika dipadukan dengan beberapa jenis masakan seperti dendeng batokok, jariang batokok, dan beberapa jenis masakan lainnya.

Proses pembuatan Minyak Kelapa ini tidaklah terlalu susah, intinya harus ada bahan utama, yaitu buah kelapa yang diparut dan diambil santannya.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Proses pembuatan Minyak Kelapa ini membutuhkan sekitar tiga hingga 4 jam untuk mengolahnya menjadi minyak kelapa yang beraroma wangi, ini dibenarkan salah seorang pembuat minyak tanak Kelapa khas Talawi yang bernama Nofriwenti.

Novriwenti yang kesehariannya berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini, guna menambah pendapatan ekonomi keluarganya, dirinya juga membuat minyak kelapa ini 3 kali dalam satu minggu, dimana dalam satu kali pembuatan dia menggunakan 35 butir kelapa.

Dengan Proses yang sederhana mulai dari Kelapa diparut, diperas dan diambil santannya kemudian dimasak, membuat dirinya kebanjiran pesanan minyak tanak kelapa khas Talawi ini.

Dirinya mengaku untuk pemasaran dia tidak menjualnya ke pasar cukup di rumah saja, karena sudah banyak orang yang datang untuk membeli produk yang dibuatnya ini.

“Alhamdulillah, meskipun saya tidak sempat membawa produk olahan minyak tanak kelapa ini ke pasar, namun sudah banyak yang tau, jadi pelanggan dan masyarakat itu cukup datang ke rumah saja untuk membeli dan memesannya. Alhamdulillah ya, dalam satu kali pembuatan itu saya mendapat penghasilan lumayan untuk nambah nambah ekonomi keluarga,” paparnya menjelaskan kepada Media, Minggu 5 November 2023.

Untuk harga, dirinya membandrol dibotol yang ukuran 250 ml seharga 25 ribu rupiah sementara untuk botol ukuran 500 ml di bandrol seharga 50 ribu rupiah.

Untuk masyarakat Kota Sawahlunto yang penasaran dengan minyak Kelapa produksi Nofriwenti ini dapat langsung mengunjungi rumahnya di Desa Talawi Mudiak, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto atau dapat menghubungi 081363408681.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT