BeritaSumatera Barat

Kepala BNPB Ungkap Alasan di Balik Penunjukan Sumbar sebagai Tuan Rumah HKBN 2024

1
×

Kepala BNPB Ungkap Alasan di Balik Penunjukan Sumbar sebagai Tuan Rumah HKBN 2024

Sebarkan artikel ini
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Bnpb), Letjen Tni Suharyanto
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto berikan keterangan pers. (f/pemprov)

Mjnews.id – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, mengungkap alasan dipilihnya Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sebagai tuan rumah peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2024.

Menurut Suharyanto, salah satu alasannya adalah untuk mengedukasi masyarakat agar memiliki kesiasiagaan lebih terhadap bencana. Sumbar itu berada dalam kawasan sesar-sesar yang cukup besar dan masih aktif, sehingga rawan bencana gempa bumi.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Sumbar termasuk daerah yang rawan bencana. Masyarakatnya perlu kita edukasi agar lebih siaga dan tangguh bencana, itulah salah satu alasan kenapa HKBN digelar di sini,” ungkap Kepala BNPB.

Hal tersebut disampaikannya saat mengikuti kegiatan penanaman bibit pohon di Pantai Purus, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jumat 26 April 2024 pagi.

Penanaman bibit pohon tersebut, merupakan awal dari rangkaian HKBN Tahun 2024 di Sumbar. Peringatan HKBN dilaksanakan setiap 26 April sejak tahun 2017. Hal ini bertepatan dengan lahirnya Undang Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2017 tentang Penanggulangan Bencana.

Dikatakannya, penanaman pohon dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan ketangguhan masyarakat dan daya tahan alam ketika bencana terjadi.

“Jadi untuk meningkatkan ketahanan alam itu, ya dengan memelihara alam. Salah satunya dengan melakukan penanaman bibit pohon hari ini,” tegasnya.

“Jadi peringatan HKBN ini jangan hanya menjadi seremoni saja. Tapi dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat. Tolak ukurnya, bagaimana dampak korban jiwa dan kerusakan akibat bencana dapat menurun. Dan kondisi ini sudah terlihat tiga tahun terakhir ini,” terangnya.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT