Kota BukittinggiParlemenSumatera Barat

Anggota DPRD Bukittinggi Ibnu Asis Serahkan 2 Unit Rumah Maggot

140
×

Anggota DPRD Bukittinggi Ibnu Asis Serahkan 2 Unit Rumah Maggot

Sebarkan artikel ini
Ibnu Asis Serahkan Bantuan 2 Rumah Maggot
Anggota DPRD Kota Bukittinggi daerah pemilihan Bukittinggi 1, Ibnu Asis serahkan bantuan untuk Kelurahan Manggis Ganting dan Campago Guguk Bulek melalui mekanisme penyaluran bantuan dana pokir untuk pembangunan 2 unit rumah maggot, Senin 16 Januari 2023. (f/siti aisyah)

Bukittinggi, Mjnews.id – Anggota DPRD Kota Bukittinggi daerah pemilihan Bukittinggi 1, Ibnu Asis kembali perlihatkan kepedulian dan perhatiannya kepada warga Kota Sanjai, khususnya yang berdomisili di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan.

Hal ini terlihat dari kesungguhan dan keseriusannya membantu Kelompok Pembudidaya Maggot yang berada di Kelurahan Manggis Ganting dan Campago Guguk Bulek melalui mekanisme penyaluran bantuan dana pokir untuk pembangunan 2 unit rumah maggot, Senin 16 Januari 2023.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Turut hadir dalam kegiatan, Riul Fansah selaku Kepala Bidang Pengelolaan Sampah B3 dan Peningkatan Kapasitas, Fatmawernis selaku PPTK dari Dinas Lingkungan Hidup, Lurah Manggis Ganting Novrianto dan Plt. Lurah Campago Guguk Bulek Eka Putra, serta Riky Ketua Kelompok Manggis Maggot dan M. Dar Dir Ketua Kelompok Rumbata beserta anggota sebagai penerima bantuan Rumah Maggot.

Maggot merupakan sejenis belatung yang dihasilkan dari Black Soldier Fly (BSF) atau lalat hitam yabg berguna pada proses penguraian atau pembusukan sampah organik yang berasal dari sayuran maupun buah-buahan yang akan menghasilkan kompos. Sementara itu ulatnya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak unggas atau ikan.

Kepada Mjnews.id, Ibnu Asis menjelaskan, saat ini budidaya maggot sedang menjadi usaha alternatif nan produktif di kalangan masyarakat. Karena selain fungsinya untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan, juga bernilai ekonomis.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Bukittinggi, Ibnu Asis menambahkan optimismenya bahwa kelompok masyarakat yang sudah fokus melakukan kegiatan pembudidayaan maggot, ke depan akan mendapatkan kesuksesan ganda, baik sebagai pelestari lingkungan hidup maupun sebagai pengusaha maggot. Di samping tentunya ada produk olahan yang dihasilkan dari maggot seperti pakan ternak dan kompos.

Sementara itu, Bapak Riul Fansah dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi menyampaikan pesan dan amanat kepada kedua kelompok penerima bantuan Rumah Maggot agar dapat mendayagunakan Rumah Maggot tersebut sebagaimana fungsinya. Sehingga dari waktu ke waktu Rumah Maggot tersebut semakin produktif dan dapat memberikan kesejahteraan bagi anggota kelompok dan masyarakat luas.

Selanjutnya penyerahan bantuan 2 Rumah Maggot tersebut, politisi senior PKS itu mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya atas segenap aspirasi dan inisiasi kelompok masyarakat dalam rangka mengatasi dan mengurai permasalahan timbulan sampah melalui pembudidayaan maggot di sekitar tempat domisilinya masing-masing.

“Mudah-mudahan hal ini akan menjadi contoh dan pembelajaran yang baik bagi kelompok masyarakat lainnya di seluruh Kelurahan di Kota Wisata ini”, pungkasnya.

(Aii)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT