Kota BukittinggiSumatera Barat

Pemerintah Kota Bukittinggi Gelar FKP Rancangan Awal RKPD 2024

119
×

Pemerintah Kota Bukittinggi Gelar FKP Rancangan Awal RKPD 2024

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar Beri Sambutan Dalam Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rkpd 2024
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar beri sambutan dalam Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2024. (f/siti aisyah)

Bukittinggi, Mjnews.id – Pemko Bukittinggi melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) gelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 di balairung Rumah Dinas Walikota Bukittinggi, Rabu 25 Januari 2023.

Turut hadir Walikota Bukittinggi H. Erman Safar, SH., Ketua PKK Kota Bukittinggi, Ny. Fiona, Sekda Martias Wanto, narasumber dari Universitas Andalas, Prof. Dr. Rahmi Fahmy, SE, MBA., SKPD, seluruh Kepala Bagian Sekretariat Daerah, seluruh Camat dan Kelurahan, Instansi vertikal, perguruan tinggi, BUMN, BUMD, Swasta dan perbankan, Lembaga profesi, organisasi masyarakat, LSM, dan Niniak Mamak, Bundo Kanduang, serta tokoh agama.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Ketua Pelaksana Bapelitbang, Robby Novaldi dalam sambutannya menjelaskan, tujuan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD kota Bukittinggi tahun 2024 adalah untuk mendapatkan masukan dan saran penyempurnaan penyusunan Rancangan Awal RKPD kota Bukittinggi tahun 2024.

Selanjutnya, Wali kota Erman Safar dalam sambutannya menjelaskan pemko akan menciptakan Bukittinggi Hebat berlandaskan adat basandi Syara’, Syara’ Basandi kitabullah, dan menciptakan pembangunan daerah Kota bukittinggi tahun 2024 dengan penjajakan di tahun 2023 diantaranya wisata terintegrasi, penataan kota, pembangunan ekonomi, domestik digital, pembangunan SDM, sosial, ABS-SBK dan tata kelola pemerintahan.

“Dalam menciptakan Bukittinggi hebat yang berlandaskan adat basandi Syara’, Syara’ Basandi kitabullah pemko sudah memulai di tahun 2022 dengan cara menginstal ulang regenerasi kita yang paham dengan agama, dan adat,” ujar Wako.

Selanjutnya menciptakan pembangunan daerah kota Bukittinggi tahun 2024, Wako memaparkan pada setiap bidang perlu perubahan yang menjadi fokus perhatian pemko.

“Tahun 2023, di bidang ekonomi kita fokus pada BPR/tabungan utsman yang baru saja di launching. Lalu di bidang wisata karena kunjungan wisatawan ke Bukittinggi memberikan stimulus yang baik, maka kita akan menciptakan wisata yang terintegrasi, dengan melibatkan stekholder, pemuda, masyarakat, niniak mamak. Dengan pengadaaan acara di Kota Bukittinggi yang menunjang peningkatan ekonomi bukittinggi,” terangnya.

Bidang Pengembangan SDM, pembangunan Puskesmas Birugo, kesehatan ibu dan anak, preventif LGBT, narkoba, penyakit menular, kesejahteraan guru. Bidang sosial, kita akan menambahkan perhatian mendapatkan bantuan, kerjasama antar pemerintah daerah dan luar negeri. “Serta bidang Pendidikan, kita akan merancang 1 rumah minimal 1 sarjana,” ujar Wako.

Sementara itu, DR. Rahmi Fahmy, SE, MBA menyampaikan, peran utama aktivitas events management yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Menarik wisatawan yang pembelanjaannya menghasilkan manfaat ekonomi, menciptakan citra positif untuk destinasi dan membantu branding, berkontribusi untuk mendapatkan pemasaran dengan membuat kota lebih layah huni dan menarik bagi investror, menghidupkan kota, resor, taman, ruang kota dan tempat yang menjadikannya lebih menarik, bertindak sebagai katalis untuk pembaruan perkotaan, pembangunan infrastruktur, kesukarelaan/partisipasi aktif dan peningkatan kemampuan pemasaran,” jelasnya.

(Aii)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT