banner pemkab muba
Kota PariamanSumatera BaratWisata

Wagub Sumbar Kunjungi Desa Wisata Apar Kota Pariaman

115
×

Wagub Sumbar Kunjungi Desa Wisata Apar Kota Pariaman

Sebarkan artikel ini
Audy Joinaldy Kunjungi Desa Wisata Apar
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy Kunjungi Desa Wisata Apar Kota Pariaman.

Kota Pariaman, Mjnews.id – Evaluasi Desa-Desa Wisata di Sumatera Barat yang meraih penghargaan ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) di 2021 kemaren, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat, Audy Joinaldy kunjungi Desa Wisata Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Selasa (4/1/2022).
Kunjungan Kerja Wagub Sumbar ini diawal Tahun 2022 ini, didampingi oleh Kadis Pariwisata Sumatera Barat, Novrial dan disambut oleh Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Asisten II, Elfis Candra, Kadis Kominfo, Adi Junaidi, Kadis Parbud Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono, Kadis Pol PP & Damkar, Alfian dan Ketua Bumdes Apar Mandiri, Fadel Muhammad.
Audy Joinaldy mengatakan ini merupakan kunjunganya untuk yang ketiga kalinya ke Desa Wisata Apar, Kota Pariaman, yang merupakan salah satu Desa Wisata unggulan di Sumatera Barat, yang menjadi juara III kategori Desa Digital, dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.
“Kunjungan pertama ketika saya mendampingi bapak Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno, yang kedua bersama keluarga melepas tukik (anak penyu) bersama pak Walikota Pariaman, Genius Umar, dan kali ini kunjungan ketiga kalinya, dan merupakan Desa Wisata yang pertama kami kunjungi dalam rangka evaluasi Desa Wisata peraih ADWI 2021 yang ada di Sumbar,” ujarnya
Orang nomor Dua di Provinsi Sumatera Barat ini selain mengunjungi Desa Apar Kota Pariaman, dirinya dan rombongan juga akan mengunjungi Desa Wisata Sungai Batang di Kabupaten Agam, Desa Wisata Sumpur di Kabupaten Tanah Datar dan Desa Wisata Sarugo di Kabupaten Lima Puluh Kota, ucapnya.
“Konsep Ecotourism yang ada di Desa Wisata Apar ini harus ada mendapatkan income bagi para pelaku wisata yang ada, mulai dari ekonomi kreatifnya, pedagang dan juga pengelola, percuma kalau ada yang datang 5 Bus Pariwisata tetapi mereka tidak spend money atau belanja selama berada disini,” tukas Wagub Milenial ini.
Audy berharap, agar peluang ini harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Desa Wisata Apar, apalagi Apar ini sangat kompleks, ada mangrove, penyu, alam yang indah, dan bisa dikembangkan atraksi apa yang menarik untuk orang menikmati berwisata di Desa Apar ini.
“Bikin para pengunjung dan wisatawan nyaman dulu, hal ini harus dilengkapi dengan lokasi yang aman, sejuk dan rapi, dilengkapi toilet yang bersih dan suguhan atraksi lokal yang bisa membuat mereka mengeluarkan uang mereka setiap mereka melangkah, sebut saja inovasi baruak memetik kelapa, maelo pukek, memberi makan ikan dan bisa juga menangkap kepiting, sehingga Desa Apar ini dapat mandiri nantinya dan bisa membiayai desa lainya,” tutupnya.
Audy Joinaldy dan rombongan juga berkesempatan meninjau tracking Apar Pariaman Mangrove Park, menyaksikan atraksi baruak memetik kelapa, maelo pukek dan menikmati kelapa muda segar dan kuliner khas kota Pariaman yang disediakan.
(j/sul)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600