banner pemkab muba
Padang PanjangSumatera Barat

Anugerah Kebudayaan PWI Wako Padang Panjang Sejarah bagi Perkembangan Pers

162
×

Anugerah Kebudayaan PWI Wako Padang Panjang Sejarah bagi Perkembangan Pers

Sebarkan artikel ini
Heranof Firdaus
Ketua PWI Provinsi Sumatera Barat, H. Heranof Firdaus. (kominfo)

PADANG PANJANG, MJNews.id – Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) Pusat yang diterima Wali Kota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano yang diterima pada helatan HPN tahun 2021 di Kendari, Sulawesi Selatan, merupakan sejarah panjang bagi perkembangan Pers di bumi Serambi Mekah, serta torehan prestasi luar biasa diberikan kepada Fadly Amran selalu kepala daerah. 
“PWI Provinsi Sumbar selalu organisasi yang mengusulkan, Wali Kota yang berjuang, mempresentasikan didepan dewan penguji. Hal tersebut, dikatakan Ketua PWI Provinsi Sumatera Barat, H. Heranof Firdaus dalam hantaran singkatnya, di Resepsi Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 Tingkat Kota Padang Panjang, Selasa (1/3/2022) di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota.
“Artinya, buah kerja keras selama ini, pemerintah, masyarakat, niniak mamak alim ulama, perjuangan itu membuahkan hasil, karena kemampuannya saat presentasi dan ditanya dewan penguji. Fokusnya tentang kekuatan kebudayaan dan masyarakat adat dalam penanganan Covid-19 serta pemulihan ekonomi di Kota Padang Panjang,” ujar Heranof. 
HPN awalnya, merupakan peringatan hari lahirnya PWI. Namun pada peringatan HPN pada 9 Februari tahun 1985, PWI tidak pernah menyebut sebagai hari lahirnya lagi. Tetapi, 9 Februari sebagai HPN, hari pesta rayanya wartawan.
“Jadi untuk hari ini, beruntunglah untuk Padang Panjang bisa menyelenggarakan HPN ini. Kami juga berterima kasih kepada Dinas Kominfo atas kolaborasinya dan difasilitasi Pemko,” tuturnya.
Selain itu, Heranof menyampaikan, PWI juga menyelenggarakan HPN di tingkat provinsi, dengan mengadakan lomba karya jurnalistik, memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh pers serta ajangsana ke rumah Adinegoro dan Rohana Kuddus yang merupakan wartawan perempuan pertama di Indonesia.
Suksesnya penyelenggaraan HPN dari Kendari sampai diadakan resepsi dirumah dinas kediaman Walikota, merupakan ujud kebersamaan yang terbangun baik selama ini antara pemerintah daerah dengan Wartawan.
“Tanpa kerja sama yang baik, niscaya helatan seperti ini mustahil akan terbentuk. Kominfo, selalu leding sektor dan mitra kerja wartawan, punya peran sentral atas terlaksananya helatan ini,” pungkas Sang Ketua.
(Son)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600