Pesisir SelatanSumatera BaratWisata

Sambut VBWS 2023, Pemkab Pessel Siapkan Event Desa Wisata

120
×

Sambut VBWS 2023, Pemkab Pessel Siapkan Event Desa Wisata

Sebarkan artikel ini
Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat
Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. (f/ist)

Pesisir Selatan, MJNews.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan daerahnya di tahun 2023.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan mendorong kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan jaringan Desa Wisata untuk menyiapkan Event-event yang berbasis Desa Wisata.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Kegiatan ini salah satu upaya mensukseskan Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) Tahun 2023,” kata Kepala Dinas Disparpora Suhendri di Painan, Sabtu (11/02/2023).

Lanjutnya, Event-event disiapkan tersebut selain memiliki daya tarik di destinasi wisata, juga dapat membranding potensi daerah.

“Atraksi dan event yang dimunculkan, tetap mengutamakan kearifan lokal,” tambahnya

Salah satu Pokdarwis yang yang telah menyusun kalender iven adalah Pokdarwis Carocok Painan (CPP).

Ia menerangkan, di sana ada event mingguan seperti senam sehat dan beberapa event musiman yang disesuaikan dengan kalender kunjungan Wisatawan di Pantai Carocok Painan.

“Kesimpulannya, semakin banyak event-event berbasis Desa Wisata, maka kunjungan Wisatawan akan lebih meningkat. Apalagi kita punya 23 Desa Wisata yang sudah di-SK-kan oleh Bupati Pesisir Selatan,” ujarnya.

Tahun 2022 dari target 1,2 juta kunjungan wisata, baru tercapai pada angka 895.000 pengunjung.

“Mudah-mudahan di tahun 2023 ini, target tersebut bisa diwujudkan, dan kita akan tetap berbenah di beberapa destinasi wisata seperti tata kelola, peningkatan SDM dan kebersihan,” tutupnya.

(canang)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT