Kota SawahluntoParlemenSumatera Barat

Ketua Komisi II DPRD Sawahlunto Berikan Dana Pokirnya untuk Ki Sapu Jagad

187
×

Ketua Komisi II DPRD Sawahlunto Berikan Dana Pokirnya untuk Ki Sapu Jagad

Sebarkan artikel ini
Ketua Komisi Ii Dprd Sawahlunto, H Afdal Berikan Dana Pokirnya Untuk Ki Sapu Jagad
Ketua Komisi II DPRD Sawahlunto, H Afdal Berikan Dana Pokirnya untuk Ki Sapu Jagad. (f/ist)

Sawahlunto, MJNews.id – Ketua Komisi II DPRD kota Sawahlunto, Afdal, Spt Apt memberikan dana Pokir tahun 2023 untuk bantuan peralatan Kesenian bagi Kelompok Ki Sapu Jagad. Bantuan tersebut diserahkan Senin 13 Maret 2023.

Hal ini dibenarkan Afdal kepada media, Rabu 15 Maret 2023.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Kemarin bantuan peralatan seni itu sudah kita serahkan, tepatnya 13 Maret, kepada kelompok seni Ki Sapu Jagad, yang didampingi OPD terkait,” paparnya menjelaskan.

Afdal menyampaikan, Dana Pokir yang disalurkan tersebut sebesar 40 juta rupiah yang dipergunakan untuk membeli peralatan kesenian, yang dibutuhkan oleh kelompok Kesenian Ki Sapu Jagad.

Afdal juga menyampaikan, bantuan yang diberikan melalui dana Pokirnya tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mengembangkan seni dan budaya di Kota Sawahlunto, sebagai kota Wisata Warisan Budaya Unesco.

Selain itu juga, melalui bantuan yang diberikan ini, dapat memberikan ruang kepada generasi muda untuk berkarya dalam menciptakan seni dan budaya, selain itu dapat menjadi wadah perkumpulan generasi muda agar dapat lebih terarah dan bisa berkarya untuk Kota Sawahlunto.

“Kelompok seni Ki Sapu jagad ini kan banyak anak mudanya, jadi kelompok seni ini dapat menjadi wadah dalam mengembangkan karya para generasi muda yang ada secara terarah,” ungkapnya.

Disampaikan lebih lanjut, selain bantuan yang diberikan kepada Paguyuban Ki Sapu jagad, di Dana Pokir sebelumnya di tahun 2022 juga telah diberikan bantuan untuk kelompok seni Amanda Musik.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesenian, Sejarah dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan Kota Sawahlunto, Syukri, S.Sn menambahkan, Pemerintah Kota Sawahlunto melalui Dinas Kebudayaan sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh H. Afdal yang telah memberikan dana Pokirnya untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas kelompok seni di Sawahlunto, dalam hal ini Kelompok seni Ki Sapu Jagad.

“Kita sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan ketua Komisi dua DPRD kota Sawahlunto, Bapak Afdal. Dengan adanya bantuan ini tentu dapat meningkatkan kualitas kelompok Paguyuban Ki Sapu Jagad dalam menampilkan pertunjukan seni dan budayanya,” tuturnya.

Ada beberapa item yang dibeli untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas kelompok seni Budaya Ki Sapu Jagad ini seperti Gitar Akustik Elektrik 2 unit, Mic Wireless 2 unit, Mixer 1 unit, speaker aktif 1 unit, speaker Subwoofer 1 unit dan Stand Speaker 2 Unit.

Diharapkan dengan bantuan yagn diberikan ini, Paguyuban Ki Sapu Jagad bisa Eksis dan membuahkan karya budaya melalui seni pertunjukan dengan mengangkat kearifan lokal atau warisan budaya tak benda yang telah ditetapkan secara nasional yaitu bahasa Tangsi.

“Tidak menutup kemungkinan menciptakan lagu-lagu berbahasa tangsi sebagai bentuk pemanfaatan pasca penetapan Warisan Budaya tersebut,” pungkasnya.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT