Pesisir SelatanReligiSumatera Barat

Bupati Pessel Dorong Peran Serta Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak

219
×

Bupati Pessel Dorong Peran Serta Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak

Sebarkan artikel ini
IMG 20230409 221002 resize 18

MJNews.id – Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar mengharapkan kepada masyarakat untuk dapat mendukung semua program yang diluncurkan pemerintah kabupaten seperti pendidikan, kesehatan dan sektor infrastruktur di daerah itu.

Menurutnya program pendidikan, kesehatan dan sektor pembangunan infrastruktur merupakan kebutuhan yang mendasar saat ini. Jadi, mustahil program yang dilaksanakan pemerintah itu akan berjalan dengan maksimal tanpa ada dukungan dari semua elemen untuk melaju kedepannya.

“Untuk itu saya sangat mengharapkan dukungan dari masyarakat. Tanpa dukungan semua program yang dilaksanakan ini tidak akan menjadi lebih baik kedepannya. Sebab pendidikan, kesehatan dan ekonomi merupakan kebutuhan mendasar saat ini,” ungkap Rusma Yul Anwar saat Safari Ramadhan Khusus di Masjid Nurul Yaqin Nagari Sawah Laweh, Kecamatan Bayang, Sabtu (08/04/2023).

Dalam Safari Ramadhan itu Bupati didampingi istrinya Yunesti dan dihadiri Kabag Kesra Refri, Camat Bayang Masri dan sejumlah Wali nagari se-Kecamatan Bayang.

Bupati melanjutkan, sehubungan dengan pendidikan pemerintah kabupaten tahun ini meluncurkan program Nagari bersekolah guna mempercepat pengembangan diri peserta didik sesuai bakat dan minatnya masing-masing.

Program nagari sekolah ini juga selaras dengan kurikulum merdeka belajar, karena lebih pada mengeksplorasi kemampuan siswa sesuai minat dan bakatnya. Nagari bersekolah adalah ajang kreativitas siswa di masing-masing nagari di luar jam sekolah.

Ia mengatakan, di sekolah tersebut tidak melengkapi rasanya dengan jumlah jam yang terbatas. Terutama pelajaran pendidikan agama guna membentuk karakter bagi peserta didik.

Maka oleh sebab itu pada masyarakat dan Bundo Kandung agar dapat mendorong anak-anaknya untuk datang memakmurkan Masjid.

“Karena tidak guru saja yang bertanggungjawab namun juga termasuk peran orang tua maupun pihak lainya sehingga bisa melahirkan siswa yang beriman dan memiliki akhlak yang mulia. Sebab tidak ada karakter yang baik tanpa ada keteladanan,” ujarnya.

Sementara itu, Wali nagari Sawah Laweh, Nasri mengungkapkan pihaknya sangat mendukung program yang diluncurkan oleh pemerintah setempat. Sebab program Pranosa (pesantren) itu memiliki dampak positif bagi anak-anak di nagari tersebut.

Bahkan, sambungnya, para orang tua pun ikut membangunkan anak-anaknya sekaligus mengantarkanya ke Masjid.

“Program ini (Pranosa) memiliki dampak yang positif dan anak-anak tidak ada yang berkeliaran lagi. Kami berharap program ini terus berlanjut ke depannya,” harapnya.

Dalam agenda Safari Ramadhan itu pemerintah kabupaten menyalurkan bantuan untuk pembangunan masjid sebesar Rp20 juta rupiah. Kemudian juga memberikan kartu BPJS gratis secara simbolis bagi masyarakat yang tidak mampu.

(canang)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600