Pesisir SelatanReligiSumatera Barat

Kaum Muda Pasar Baru Bayang Gelar Lomba Azan dan Qasidah Antar Kecamatan

250
×

Kaum Muda Pasar Baru Bayang Gelar Lomba Azan dan Qasidah Antar Kecamatan

Sebarkan artikel ini
Kaum Muda Pasar Baru Bayang Gelar Lomba Azan dan Qasidah Antar Kecamatan
Kaum Muda Pasar Baru Bayang Gelar Lomba Azan dan Qasidah Antar Kecamatan. (f/ist)

MJNews.id – Dalam rangka menyemarakkan bulan suci ramadhan 1444 H, pemuda-pemudi Nagari Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) gelar lomba azan dan qasidah rebana antar kecamatan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari, 18-19 April 2023 yang berlokasi Masjid Baitushalihin Pasar Baru.

Riswan Amirul, sebagai anggota panitia pelaksana sekaligus mewakili pemuda mengatakan, lomba azan dan qasidah rebana ini digelar dalam rangka menyemarakkan bulan suci ramadhan di tahun ini dan juga dalam memperingati Nuzulul Qur’an.

“Lomba kita adakan selama 2 hari, hari pertama lomba adzan untuk tingkat umur maksimal 15 tahun, dan hari kedua qasidah rebana untuk umum atau seluruh usia,” katanya pada wartawan Kamis (20/4/2023).

Ia menyampaikan, lomba kali diikuti oleh peserta dari 4 kecamatan di Pesisir Selatan, dimana peserta yang ikut berpartisipasi yaitu dari kecamatan Bayang, Bayang Utara, IV Jurai dan Koto XI Tarusan.

“Jumlah peserta yang ikut bersaing untuk meraih juara 1, 2 dan 3 ada sebanyak 19 orang dicabang adzan dan 19 kelompok untuk qasidah rebana,” ujarnya.

Dari 19 peserta yang ikut bersaing untuk menunjukkan kebolehannya di cabang adzan, juara pertama berhasil diraih oleh Ahmad Syauqi mustaz utusan masjid Darul Salam Ambacang, kecamatan Bayang.

Selanjutnya, juara kedua diraih oleh Adit dari perwakilan masjid Baiturahman Lubuk Pasing, Kecamatan Bayang, dan juara ketiga diraih oleh Farhan Ramadhan, utusan dari Musholla Nurul Yakin Sianik, Kecamatan IV Jurai.

Sementara itu, sambung Riswan Amirul, untuk perolehan juara di cabang qasidah rebana, juara satu diraih oleh grup atau kelompok qasidah masjid Darul Salam Ambacang, Kecamatan Bayang.

Kemudian juara dua, diraih oleh kelompok qasidah rebana masjid Baiturrahim Koto Jua Bayang, dan juara ketiga diraih oleh kelompok utusan masjid Almunawarah Kapelgam Bayang.

“Alhamdulillah acara kita berjalan cukup sukses, dari sengitnya kompetisi dan semangat para peserta, kita ucapkan selamat kepada para peraih juara dan tetap semangat bagi yang belum berhasil meraih juara,”ucap Amirul.

Dengan suksesnya kegiatan ini, ia selaku pemuda di nagari Pasar Baru Bayang, mengucapkan terimakasih banyak kepada peserta yang ikut berpartisipasi dan kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras sejak awal dalam kegiatan positif ini.

Selanjutnya, ucapan terimakasih tidak lupanya disematkan kepada para donatur dan para hadirin yang hadir serta ikut berpartisipasi selama kegiatan ini berlangsung.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dan bantuan dari semua unsur, dapat memberikan dampak positif terutama untuk anak-anak dan generasi muda islami kedepannya. Insyaallah, kegiatan seperti ini akan terus ada dan setiap tahunnya kita adakan untuk proses pencarian bakat dibidang adzan dan qasidah, dan kedepannya cabang lomba bakal kita tambah lagi,”tutupnya.

Turut hadir dalam penutupan kegiatan semarak ramadhan yang diadakan oleh pemuda-pemudi Pasar Baru Bayang diantaranya, Kapolsek Bayang yang mewakili Kanitbintel, Wali Nagari Supetriadi, Bamus nagari unsur pemuda Nivo Derka, anggota DPD RI Alirman sori, Anggota DPR RI Darizal Basir, DPRD Imral Adenansi, Eko Kurniawan, Butet Permatasari, para perantau, pengusaha dan unsur masyarakat lainnya.

(canang)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600