Kabupaten DharmasrayaReligiSumatera Barat

Malam Takbiran di Jorong Piruko, Sitiung Meriah

203
×

Malam Takbiran di Jorong Piruko, Sitiung Meriah

Sebarkan artikel ini
Malam takbiran dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah pada tahun ini sangat dirasakan oleh warga Jorong Piruko
Malam takbiran dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah pada tahun ini sangat dirasakan oleh warga Jorong Piruko, Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat pada Jumat (21/04/2023) malam. (f/ist)

Mjnews.id – Kemeriahan malam takbiran dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah pada tahun ini, sangat dirasakan oleh warga Jorong Piruko, Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat pada Jumat (21/04/2023) malam, dengan menggelar Festival Takbiran dengan berbagai bentuk kendaraan hias dan menggunakan api obor oleh peserta Festival Takbiran tersebut.

Hasil pantauan di lapangan Festival Takbiran diikuti oleh lebih kurang 550 orang yang mengikuti Festival Takbiran terdiri dari 11 kontingen (kelompok) dengan menggunakan kendaraan hias berbagi bentuk, seperti kapal dan masjid yang dipasang lampu warna-warni, keliling kampung tersebut.

Menurut Ketua Panita Festival Tabiran Slamet Riyadi yang ditemui awak media mengatakan, pada malam ini kami warga Jorong Piruko, Nagari Sitiung, menggelar Festival Takbiran yang sudah lama kami tunggu, karena hampir lebih kurang 3 tahun lebih, tidak bisa menggelar, malam takbiran karena adanya pandemic covid-19.

Pada tahun ini kegiatan malam takbiran bisa digelar dengan semarak oleh warga Jorong Piruko, Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, pada acara Festival Tabiran kali ini, diikuti oleh 11 kontingen (kelompok) dan sebanyak 550 orang yang mengikuti Festival Takbiran kemudian kendaraan hias berbagai bentuk.

Kegiatan Festival Tabiran dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah, yang mana sebelumnya kita umat Islam menjalankan ibadah puasa dalam satu bulan penuh. Pada malam ini kita meriahkan hari kemenangan dengan melaksanakan malam takbiran.

“Harapan ke depan, semoga pada tahun-tahun yang akan datang kegiatan seperti ini harus tetap diadakan karena ini merupakan menyambut hari raya Idul Fitri,” ucap Slamet Riyadi.

(eko)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600