BudayaPasaman BaratSumatera Barat

Manjalang Buya Lubuak Landua, Tradisi setelah Puasa Syawal di Pasbar

240
×

Manjalang Buya Lubuak Landua, Tradisi setelah Puasa Syawal di Pasbar

Sebarkan artikel ini
Manjalang Buya Lubuak Landua
Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi bersama Wakil Bupati Risnawanto, Ketua TP. PKK Ny. Titi Hamsuardi, Ketua GOW Ny. Fitri Risnawanto serta stakeholder terkait lainnya hadiri Manjalang Buya Lubuak Landua, Sabtu (29/4/2023). (f/kominfo)

Mjnews.id – Manjalang Buya Lubuak Landua menjadi agenda rutin setiap tahunnya yang dilakukan setelah Puasa Anam (Enam) atau puasa Syawal, tradisi yang menjadi turun temurun di Jorong Lubuak Landua, Kecamatan Pasaman.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Hamsuardi bersama Wakil Bupati Risnawanto, Ketua TP. PKK Ny. Titi Hamsuardi, Ketua GOW Ny. Fitri Risnawanto serta stakeholder terkait lainnya, Sabtu (29/4/2023).

Tradisi sebagai bentuk penghormatan kepada Syeh Lubuak Landua itu dimulai dengan iringan jalan kaki Bundo Kanduang yang menjujuang jamba, niniak mamak, alim ulama, tokoh adat, serta rombongan Bupati Hamsuardi, anggota DPRD Pasbar serta masyarakat umum lainnya dari Kantor Wali Nagari Aua Kuniang hingga Surau Buya Lubuak Landua.

Pada kesempatan itu, Bupati Hamsuardi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan kegiatan Manjalang Buya Lubuak Landua tahun 2023 itu, sehingga terlihat ‘Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah’ terpelihara dengan baik di Pasbar.

“Kita berharap kegiatan ini tetap kita laksanakan setiap tahunnya, kami hadir bersama mendukung Manjalang Buya Lubuak Landua. Terutama, kegiatan ini sesuai dengan kegiatan program unggulan Pasbar di bidang keagamaan yakni Magrib Mengaji dan Tahfidz Alquran,” ucapnya.

Bupati Hamsuardi juga memohon doa sebagai pemimpin Pasbar, ia serta wakil dan jajaran tetap sehat, kuat dan kompak agar dapat melaksanakan pemerintahan di Pasbar dengan baik. Sehingga Pasbar lebih maju, makmur dan berakhlak mulia.

Hal serupa disampaikan oleh Perwakilan Keluarga Besar Buya Lubuak Landua, Urang Tuo Adat menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Lubuak Landua yang telah menyukseskan acara Manjalang Buya Lubuak Landua itu.

Ia juga mengajak masyarakat untuk meramaikan surau dan masjid sesuai dengan visi misi Pemda Pasbar.

“Hari Raya Anam ini kita lakukan masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri. Setelah kita berpuasa sebulan penuh serta ditambah 6 hari puasa syawal, semoga dapat menambah keimanan kita kepada Allah SWT,” tambahnya.

Di samping itu, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Aua Kuniang Yulhendri Dt Putiah mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Hamsuardi beserta rombongan. Mewakili seluruh cucu kamanakan dan masyarakat Lubuak Landua lanjutnya, ia memohon maaf terutama dalam suasana Idul Fitri 1444 H.

Ia mengajak semua yang hadir pada kesempatan itu berdo’a untuk diri, keluarga, pemimpin dan untuk kesejahteraan dan kemanan Pasbar di tempat mulia Surau Buya Lubuak Landua itu.

(wal)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600