Kota SawahluntoPolriSumatera Barat

Polres Sawahlunto Mulai Berlakukan Tilang Manual

320
×

Polres Sawahlunto Mulai Berlakukan Tilang Manual

Sebarkan artikel ini
Img 20230521 000132 Resize 29

MJNews.id – Satuan Lalu Lintas Polres Sawahlunto, Polda Sumatera Barat memberlakukan penilangan secara manual bagi siapa saja yang kedapatan melanggar aturan Lalu Lintas.

“Pemberlakuan Tilang Manual ini sudah mulai diberlakukan bagi Pengendara Kendaraan Bermotor yang kedapatan melanggar Lalu Lintas di seluruh wilayah hukum Polres Sawahlunto,” kata Kapolres Sawahlunto, AKBP Purwanto Hari Subekti melalui Kasat Lantas AKP Asep Wahyudi, Sabtu 20 Mei 2023.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Pemberlakuan tilang manual ini sudah kita mulai, seperti yang sudah kita lakukan pagi tadi,” ungkapnya.

Adapun Pelanggaran yang ditilang nantinya yang memiliki potensi menimbulkan laka lantas dengan fatalitas tinggi meliputi menggunakan ponsel saat berkendara, menerobos lampu merah.

Selanjutnya Pengendara yang berkendara dibawah pengaruh alkohol, kendaraan over load over dimension, berkendara di bawah umur, tidak menggunakan helm SNI, melampaui batas kecepatan, melawan arus lalu lintas” paparnya menjelaskan.

Selain itu, kendaraan yang tidak sesuai spesifikasi teknis (spion, knalpot, lampu utama, lampu rem, dan lampu petunjuk arah), kendaraan bermotor yang tidak sesuai peruntukannya, dan terakhir kendaraan bermotor tanpa plat nomor/TNKB palsu,” imbuhnya.

Kasat Lantas Polres Sawahlunto mengimbau agar masyarakat dapat mematuhi segala peraturan berlalu lintas. Ketika berkendara jangan lupa melengkapi surat-surat kendaraan berupa SIM dan STNK.

Ia juga meminta dukungan seluruh elemen masyarakat maupun pihak terkait untuk dapat mensosialisasikan kegiatan penilangan manual ini demi meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

Asep menambahkan apabila kesadaran masyarakat meningkat tentang pentingnya mematuhi peraturan berlalu lintas dijalan raya tentu akan menurunkan angka pelanggaran dan angka kecelakaan di kota Sawahlunto demi wujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran dalam berlalu lintas.

“Mari kita jadikan Kota Sawahlunto sebagai Kota wisata tambang yang berbudaya menuju Kota tertib berlalu lintas, Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan, Keselamatan untuk kemanusiaan,” pungkasnya.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT