banner pemkab muba
Kabupaten DharmasrayaKemensosKesehatanSumatera Barat

Ratusan Lansia Calon Pasien Operasi Katarak Jalani Skrining Kesehatan di RSUD Sungai Dareh

369
×

Ratusan Lansia Calon Pasien Operasi Katarak Jalani Skrining Kesehatan di RSUD Sungai Dareh

Sebarkan artikel ini
Ratusan Lansia Calon Pasien Operasi Katarak Jalani Skrining Kesehatan Di Rsud Sungai Dareh
Ratusan Lansia Calon Pasien Operasi Katarak Jalani Skrining Kesehatan di RSUD Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. (f/humas kemensos)

Mjnews.id – Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27, Kementerian Sosial (Kemensos) menyelenggarakan pelayanan skrining kesehatan untuk operasi katarak.

Sebanyak 277 lansia calon pasien operasi katarak menjalani proses skrining di RSUD Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Proses skrining kesehatan bagi lansia dilaksanakan pada tanggal 19, 20, dan 22 Mei 2023, untuk menentukan apakah mereka dapat menjalani operasi katarak yang direncanakan pada tanggal 27-29 Mei 2023.

Supomo, Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kementerian Sosial, menjelaskan bahwa pelayanan kesehatan operasi katarak ini merupakan hasil kolaborasi dengan yayasan kemanusiaan dari SCTV dan Indosiar, dalam rangka merangkul masyarakat sekitar.

“Pada hari ini, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan HLUN ke-27, kami menyelenggarakan skrining kesehatan untuk pelayanan operasi katarak yang merupakan hasil kolaborasi dengan yayasan kemanusiaan dari SCTV dan Indosiar,” ujar Supomo di Kabupaten Dharmasraya pada Sabtu (20/5/2023).

Pada tanggal 19 Mei 2023, sebanyak 90 lansia mengikuti skrining kesehatan. Lansia ini diusulkan oleh Puskesmas Sungai Dareh, Puskesmas Koto Baru, Puskesmas Sungai Limau, Puskesmas Silago, dan Puskesmas Gunung Medan. Pada tanggal 20 Mei 2023, sebanyak 94 lansia telah menjalani skrining kesehatan, sedangkan pada tanggal 22 Mei 2023, sebanyak 93 lansia dijadwalkan menjalani skrining kesehatan.

Puncak peringatan HLUN ke-27 akan diperingati pada Senin, 29 Mei 2023, dengan rangkaian kegiatan seperti pelayanan kesehatan berupa operasi katarak, pemeriksaan kesehatan dasar seperti gula darah, tekanan darah, kolesterol, asam urat, serta donor darah. Selain itu, juga dilakukan pemenuhan hak sipil melalui pembuatan e-KTP Lanjut Usia, pembuatan akta kelahiran, pembuatan kartu keluarga, dan isbat nikah.

Kemudian Bantuan sosial seperti bantuan permakanan bagi lansia tunggal, program pemberdayaan ekonomi lansia, program sembako, program Keluarga Harapan, Rumah Sejahtera Terpadu, pemberian bantuan kursi roda, kacamata, tongkat, dan walker, serta pemberian bantuan sandang dan nutrisi juga akan diberikan kepada lansia.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600