Kabupaten DharmasrayaSumatera Barat

Lapas Kelas III Dharmasraya Peringati Hari Lahir Pancasila

202
×

Lapas Kelas III Dharmasraya Peringati Hari Lahir Pancasila

Sebarkan artikel ini
Lapas Kelas Iii Dharmasraya Peringati Hari Lahir Pancasila
Lapas Kelas III Dharmasraya Peringati Hari Lahir Pancasila. (f/ist)

Mjnews.id – Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ke-78 tahun dilaksanakan oleh Petugas Lapas Kelas III Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat pada Kamis 1 Juli 2023.

Inspektur Upacara adalah PLH Kepala Lapas Kelas III Dharmasraya, Juwanda Metria. Upacara tersebut berlangsung dengan aman dan lancar di halaman Lapas Kelas III Dharmasraya.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dalam amanatnya, Juwanda Metria, membacakan amanat dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, tentang Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Pancasila merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber Segala Sumber Hukum Negara.

Pancasila lahir dan tumbuh dari bumi Indonesia menjadi konsensus nasional, oleh karena itu, sebagai bangsa Indonesia, kita harus mengaktualisasikan Pancasila agar senantiasa diamalkan dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila memiliki nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual, akal, dan religius bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, Pancasila bukanlah sekadar wacana, melainkan merupakan realitas objektif dengan legitimasi yang kuat baik secara filsafat, politik, historis, maupun kultural.

Dalam amanatnya, Juwanda Metria juga menyampaikan rasa terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para founding fathers atas warisan luhur Pancasila yang kita nikmati hingga saat ini.

Ia juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada generasi penerus bangsa yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Juwanda Metria mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Ia berharap bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 dapat meningkatkan kinerja, menciptakan prestasi, memunculkan terobosan, dan mendorong pembaharuan di tahun 2023 dan tahun-tahun mendatang.

Ia berdoa agar Allah Subhanawataala, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua demi kejayaan bangsa dan negara.

(eko)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT