Kota SawahluntoSumatera Barat

Sawahlunto Kini Miliki Sentra Gedung IKM Pangan

288
×

Sawahlunto Kini Miliki Sentra Gedung IKM Pangan

Sebarkan artikel ini
Dirjen Ikma Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, Reni Yanita Resmikan Sentra Gedung Ikm Pangan Kota Sawahlunto Yang Dipusatkan Di Kawasan Kampus Psdku Unp Sawahlunto, Senin 5 Juni 2023
Dirjen IKMA Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, Reni Yanita resmikan sentra Gedung IKM Pangan Kota Sawahlunto yang dipusatkan di Kawasan Kampus PSDKU UNP Sawahlunto, Senin 5 Juni 2023. (f/uni)

MJNews.id – Dirjen IKMA Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, Reni Yanita resmikan sentra Gedung IKM Pangan Kota Sawahlunto yang dipusatkan di Kawasan Kampus PSDKU UNP Sawahlunto, Senin 5 Juni 2023. Peresmian gedung ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita.

Dirjen IKMA berharap pemanfaatan Gedung IKM yang dibangun ini dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan IKM di Kota Sawahlunto, serta untuk meningkatan ekonomi Masyarakat dan menciptakan lapangan kerja baru.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dirinya juga mengharapkan kehadiran IKM ini merupakan cikal bakal dari BUMD.

“Akan lebih baik lagi jika dalam lingkup sentra IKM ini ada keterlibatan dari beberapa OPD untuk menyiapkan beberapa Infrastruktur, agar sentra IKM ini berjalan lebih maksimal,” paparnya menjelaskan.

Dirjen IKMA tersebut juga menambahkan, Keberadaan Sentra IKM ini hendaknya juga dapat dilengkapi dengan peralatan atau mesin yang canggih dan modern yang secara personal mungkin IKM tidak mampu untuk membelinya, namun dengan adanya fasilitas di gerai IKM ini bisa dimanfaatkan oleh IKM untuk membuat produksi olahan pangan IKM itu sendiri.

Sementara Walikota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan terimakasihnya kepada Kementrian Perindustrian republik Indonesia yang telah membantu dalam pembangunan sentra IKM di kota Sawahlunto.

Walikota juga menyebutkan, pembangunan IKM ini merupakan ajang untuk mendukung, UMKM mulai dari berproduksi dengan baik, Packaging, teknologi yang canggih sampai promosi.

“Dengan adanya sentra IKM ini UKM Kota Sawahlunto bisa berkompetisi di era Globalisasi ini. selain itu Sentra IKM juga memberikan keuntungan dalam mengolah makanan menjadi lebih tahan lama,” sebut Walikota.

Untuk itu, Walikota mengajak masyarakat UKM kota Sawahlunto yang belum mempunyai peralatan, silahkan agar dapat memanfaatkan sentra IKM ini dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota juga menyampaikan terimakasih kepada KAN kolok atas partisipasinya yang telah memberikan lahan untuk pembuatan Sentra IKM ini.

“Ini merupakan bentuk dukungan yang telah diberikan Ninik mamak Kolok untuk pembangunan di Kota Sawahlunto,” pungkasnya.

Usai peresmian Sentra Gedung IKM, Dirjen yang didampingi Walikota, wakil walikota, sekretaris daerah beserta rombongan lainnya bertolak menuju Kecamatan Silungkang untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan revitalisasi sentra tenun Silungkang.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT