Sumatera BaratKota SawahluntoWisata

Kejar Target Kunjungan Wisata, Ini yang Dilakukan Disparpora Sawahlunto

243
×

Kejar Target Kunjungan Wisata, Ini yang Dilakukan Disparpora Sawahlunto

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kota Sawahlunto, Adriyusnan dalam coffee morning bersama insan media
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kota Sawahlunto, Adriyusnan dalam coffee morning bersama insan media di Aula Disparpora, Senin 26 Juni 2023. (f/uni)

MJNews.id – Untuk Majunya sektor wisata di suatu daerah memang tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja, tentu harus ada kolaborasi kerja sama dengan pihak pihak lainnya.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kota Sawahlunto, Adriyusnan dalam coffee morning bersama insan media di Aula Disparpora, Senin 26 Juni 2023.

Dari evaluasi yang dilakukan pasca lebaran lalu, banyak faktor faktor yang menyebabkan orang itu berkunujung ke suatu wilayah.

“Bagus pun destinasi jika tidak ditunjang dengan infrastruktur menuju lokasi wisata, tidak akan berkembang lokasi wisata itu, dan bagus pun destinasi tapi tidak dipromosikan dengan baik, juga tidak akan bagus destinasi itu, jadi saling ada keterkaitan antara satu sektor dengan sektor lainnya. Makanya pembangunan sektor pariwisata tidak bisa terlepas dari kolaborasi berbagai pihak, termasuk juga rekan rekan media,” kata Adriyusman.

Adriyusman juga memaparkan terkait kunjungan wisata ke kota sawahlunto dimana total kunjungan wisata ke Kota Sawahlunto di tahun ini hingga mei 2023 sebanyak 119 ribu 824 pengunjung dengan target 150 ribu orang pengunjung ditahun 2023, dan masih ada 34 ribu orang lagi yang harus dikejar sehingga target kunjungan ini bisa dikejar hingga Desember mendatang, dengan berbagai kegiatan kegiatan yang menunjang perekonomian masyarakat.

“Pariwisata harus berdampak kepada ekonomi masyarakat, untuk itu kami terus mendorong iven-iven nasional dan juga internasional untuk diselenggarakan seperti sport tourisme Kejurnas Pacu Kuda, Kejurnas wall climbing dan lainnya,” sebut Kadis Adriyusman.

Upaya yang terus dilakukan pihaknya, yakni dengan melakukan berbagai pembenahan objek wisata, seperti penambahan wahana Glamping dan penambahan cottage di Camping Ground Kandi. Dan juga membangkitkan kembali desa wisata.

“Kita akan dorong melalui dana desa masing masing untuk menbangkitkan potensi wisata di desa-desa yang ada. Potensi ini sangatlah besar namun belum tergarap secara optimal,” paparnya lagi.

Kabid Pemasaran dan Ekonomi Kreatif, Meldi Hidayah Marta yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menambahkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menggelar Sawahlunto creative corners 1 Juli 2023, selain itu Field Trip edukasi pelajar Korea Selatan di 30 Juli 2023, ada juga Kejuaran Nasional Pacu Kuda, dan Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) pada 7 sampai 10 September.

“Kita juga akan mensukseskan Jambore Geopark Indonesia yang akan dihelat pada 25 – 30 Juli nanti,” pungkasnya.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600