banner pemkab muba
Sumatera Barat

Rapat Kerja Pemprov Sumbar, Gubernur Mahyeldi Minta Fungsi Camat Diperkuat

339
×

Rapat Kerja Pemprov Sumbar, Gubernur Mahyeldi Minta Fungsi Camat Diperkuat

Sebarkan artikel ini
Gubernur Dalam Rapat Kerja Pemprov Sumbar Dengan Pemerintah Kabupaten/Kota Dan Camat Se-Sumbar
Gubernur Mahyeldi beri sambutan dalam Rapat Kerja Pemprov Sumbar dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dan Camat se-Sumbar, di Auditorium Gubernuran, Selasa (25/7/2023). (f/biro adpim)

Pertukaran Informasi

Sementara Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Doni Rahmat Samulo menyebutkan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menciptakan adanya pertukaran informasi baik antara Pemprov Sumbar dengan kabupaten/kota dan camat. Baik dalam bentuk pengalaman, kebijakan yang diambil. Termasuk penyelesaian permasalahan guna peningkatan kinerja camat dalam melaksanakan tugas.

Selain itu, juga bertujuan untuk mengumpulkan saran yang akan disampaikan pada pemerintah pusat sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan. Serta memberikan masukan kepada kabupaten/kota sebagai dasar dalam memaksimalkan peran kecamatan.

Kegiatan itu mengusung tema “Penguatan Peran Camat Dalam Penyelenggaraan Pemerintah di Wilayah Kecamatan,”.

“Pesertanya 179 camat di Sumbar, hampir semuanya hadir. Juga dihadiri asisten I masing-masing kabupaten dan kota,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu sejumlah camat juga menyampaikan sejumlah persoalan di daerahnya masing-masing. Keluhan itu mulai alokasi anggaran sampai tapal batas.

Samwil Camat Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan contohnya, ia menyampaikan masalah perbatasan antara Sumbar dengan Bengkulu. Pada 2013 ada kesepakatan untuk pemasangan tapal batas. Bengkulu sudah pasang tapal, tapi Sumbar belum.

Untuk itu, ia menyarankan agar dapat segera dilakukan pemasangan. Agar tidak memicu konflik. Karena saat di masyarakat sudah mulai ada perebutan tanah.

“Ini kami harap dapat direspon dengan cepat, karena bisa menimbulkan masalah,” katanya.

Hadir sebagai narasumber Analis Kebijakan Ahli Muda Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Dadang Teguh Nur.

(adpsb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600