Sumatera BaratKabupaten Sijunjung

Pemkab Sijunjung jadi Tuan Rumah Rakornas Geopark 2023

181
×

Pemkab Sijunjung jadi Tuan Rumah Rakornas Geopark 2023

Sebarkan artikel ini
Pemkab Sijunjung melakukan rapat persiapan Rakornas Geopark
Pemkab Sijunjung melakukan rapat persiapan Rakornas Geopark di Operation Room, Kantor Bupati Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (14/8/2023). (f/dicko)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Sijunjung menjadi tuan rumah pelaksanaan rapat koordinasi nasional (Rakornas) Geopark tahun 2023.

Untuk itu Pemkab Sijunjung melakukan rapat persiapan Rakornas Geopark tersebut di Operation Room, Kantor Bupati Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (14/8/2023).

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir menyebut, Geopark Ranah Minang Silokek merupakan tema pembangunan dari Kabupaten Sijunjung. “Dengan usaha keras kita bersama, Geopark Ranah Minang Silokek dipercaya menjadi tuan rumah Rakornas Geopark tahun 2023 ini,” ungkapnya.

Dikatakannya, hal ini menjadi kekuatan bagi Pemkab Sijunjung untuk membuktikan bahwa Geopark Ranah Minang Silokek siap untuk menuju Unesco Global Geopark (UGGp).

“Walaupun daerah lain di Sumbar sudah lebih dahulu menjadi tujuan wisata, tetapi Sijunjung menyimpan kearifan lokal yang menjadi hal menarik dan hanya ada di Sijunjung,” ujar Benny.

Kata Benny, dengan melihat kesiapan Pemkab Sijunjung, nantinya pihak Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) bisa memilih Geopark Ranah Minang Silokek untuk direkomendasikan sebagai UGGp.

“Hal tersebut karena, Geopark Silokek tidak hanya merek dari Kabupaten Sijunjung, tetapi sudah menjadi roh pembangunan di daerah yang kita cintai ini,” tuturnya.

Diketahui, Rakornas akhir tahun tersebut akan dilaksanakan tanggal 6 sampai 9 November 2023 mendatang.

Nantinya kegiatan tersebut akan diikuti oleh kementerian atau lembaga anggota KNGI, Badan Pengelola Geopark Seluruh Indonesia dan Jaringan Geopark Indonesia (JGI).

(Dicko)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600