Sumatera Barat

Melalui Kisahnya, Gubernur Sumbar Bakar Semangat Alumni SMPN 1 Kota Dumai

458
×

Melalui Kisahnya, Gubernur Sumbar Bakar Semangat Alumni SMPN 1 Kota Dumai

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Lantik Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Smpn 1 Kota Dumai, Riau
Gubernur Sumbar, Mahyeldi lantik Pengurus Ikatan Keluarga Alumni SMPN 1 Kota Dumai, Riau. (f/biro adpim)

Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah membakar semangat para alumni SMPN 1 Kota Dumai untuk lebih peduli terhadap generasi penerus.

Hal tersebut disampaikannya, saat melantik Pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMPN 1 Dumai Masa Bakti 2023-2028 di Pendopo Sri Bunga Tanjung, Kota Dumai, Provinsi Riau. Sabtu (23/9/2023).

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi sempat mengenang masa lalunya sewaktu berstatus sebagai siswa di SMPN 1 Kota Dumai. Dijelaskannya, dirinya dulu sangat akrab dengan keterbatasan, sebab saat itu ayahnya bekerja sebagai seorang tukang becak di salah satu pasar Kota Dumai. Tapi lingkungan begitu peduli dengannya, sehingga secara mental ia tidak pernah rapuh dan menyerah.

“Dulu, saya tidak pernah membayangkan, saya akan jadi Gubernur. Karena dulu orang tua saya disini adalah tukang becak, kami penuh dengan keterbatasan. Tapi berkat bimbingan dan kepedulian banyak pihak saya menjadi anak yang penuh semangat dan pantang menyerah, sekarang anak tukang becak itu bisa jadi Gubernur,” ungkap Mahyeldi yang sontak mengundang riuh tepuk tangan tamu yang hadir.

Mahyeldi menyambungnya dengan mengatakan, kita tentu ingin dari SMPN 1 Kota Dumai ini akan kembali lahir Mahyeldi-Mahyeldi baru, Presiden Indonesia masa depan, Wali Kota dan Bupati masa depan.

“Kemungkinan itu bisa saja terjadi. Asalkan, kepedulian dan dukungan dari seluruh pihak bisa dimaksimalkan,” tukuk Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, alumni itu punya banyak kelebihan, mereka punya jaringan, punya pengalaman dan dari segi jumlah mereka relatif banyak sehingga sangat berpotensi untuk dilibatkan dalam pengembangan sekolah. Karena harus diakui, pemerintah tentu memiliki keterbatasan anggaran dan kewenangan.

“Kolaborasi dan sinergitas antara pihak sekolah dan alumni itu mesti terbangun, sehingga alumni bisa menjadi kekuatan kedua setelah pemerintah bagi pihak sekolah untuk menerobos keterbatasan kewenangan,” kata Mahyeldi.

Selanjutnya Gubernur Mahyeldi mengucapkan selamat kepada jajaran pengurus IKA SMPN 1 Kota Dumai yang baru terpilih, ia berharap semoga bisa menjadi solusi untuk pengembangan sekolah kedepan. “Selamat kepada pengurus yang telah terpilih, semoga sukses dalam menjaga amanah,” ucap Gubernur Mahyeldi.

Berdasarkan SK No. 08/MUBES/IKA SMPN 1 DMI/VI/2023, Mubes Ika SMPN 1 tanggal 4 Juni 2023, posisi Ketua Umum dipercayakan kepada Yulian Norwis dan posisi Dewan Pelindung dipercayakan kepada H Mahyeldi Ansharullah, SP.

Kami Hadir di Google News