Sumatera Barat

Isi Kuliah Umum di ITEBA Batam, Wagub Sumbar Tekankan Pentingnya Adaptasi dan Softskill

131
×

Isi Kuliah Umum di ITEBA Batam, Wagub Sumbar Tekankan Pentingnya Adaptasi dan Softskill

Sebarkan artikel ini
Audy Joinaldy Isi Kuliah Umum Di Iteba Batam
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy Isi Kuliah Umum di ITEBA Batam. (f/biro adpim)

Mjnews.id – Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Audy Joinaldy, menekankan pentingnya lulusan perguruan tinggi (PT) beradaptasi dengan kebutuhan zaman, serta memiliki softskill untuk menggapai kesuksesan di dunia kerja.

Hal itu disampaikan Wagub Audy saat memberikan kuliah umum pada acara Wisuda II Institut Teknologi Batam (ITEBA), Kepulauan Riau, Sabtu (16/12/2023).

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Wagub dengan Gelar Akademik Terbanyak di Museum Rekor MURI itu memaparkan, perubahan yang sangat besar telah terjadi di dalam dunia industri saat ini. Terutama sekali terkait peran yang dimainkan oleh Internet of Things (IoT) dalam transformasi industri.

“Menyikapi itu, sangat penting bagi kita untuk beradaptasi terhadap perubahan dan kebutuhan zaman. Sebab, dunia kerja, persaingan, dan lingkungan kerja juga berubah,” ucap Wagub Audy saat memaparkan kuliah umum yang diberi judul ‘Tantangan dan Peluang Lulusan Perguruan Tinggi di Era 4.0’ tersebut.

Dalam kuliah umum yang dihadiri Sivitas Akademika ITEBA tersebut, Wagub Audy juga memberi penekanan pada pentingnya softskill sebagai kunci utama kesuksesan di dunia kerja.

“Soft skill menjadi kunci utama kesuksesan di tempat kerja, memiliki kontribusi sebesar 85 persen dari keseluruhan kesuksesan, sementara teknis skill hanya sekitar 15 persen. Oleh karena itu, kita harus siap beradaptasi dengan perubahan di lingkungan kerja yang dinamis ini,” sebut Wagub lagi.

Dalam kesempatan itu, Wagub Audy Joinaldy juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan studi di ITEBA Batam, serta meminta seluruh peserta wisuda untuk bersiap-siap dengan sebaik mungkin dalam menghadapi tantangan hidup yang sesungguhnya.

Tidak hanya memberikan kuliah umum, dalam kesempatan itu Wagub Audy juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Politeknik Pariwisata Batam dengan Pemprov Sumbar dan antara Institut Teknologi Batam dengan Pemprov Sumbar.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT