Padang PanjangReligiSumatera Barat

Salat Iduladha di Islamic Center, Ini Pesan Wako Padang Panjang

169
×

Salat Iduladha di Islamic Center, Ini Pesan Wako Padang Panjang

Sebarkan artikel ini
Salat Iduladha Di Islamic Center Padang Panjang
Salat Iduladha di Islamic Center Padang Panjang. (f/kominfo)

MJNews.id – Salat Iduladha 1444 Hijriyah di Islamic Center berlangsung khidmat. Jemaah yang memadati hingga ke pelataran masjid terlihat khusyuk menunaikan Ibadah, Kamis (29/6/2023).

Bertindak sebagai Imam, Ustaz Esa Ahmadi, SIQ, S.Pd.I dengan Khatib, Ustaz H. Yendri Junaidi, Lc, M.A. Turut hadir, Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Wakil Wali Kota, Drs. Asrul, Ketua DPRD, Mardiansyah, A.Md, Sekdako Sonny Budaya Putra A.P, M.Si, Kapolres, AKBP Donny Bramanto, S.I.K, unsur Forkopimda, dan pejabat lainnya.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Wako Fadly dalam sambutannya menyampaikan, Hari Raya Iduladha, atau yang sering disebut sebagai Hari Raya Kurban sesungguhnya mengandung makna sosial, keikhlasan, kerelaan berkorban. Dengan demikian, kurban merupakan manifestasi dari keimanan, kecintaan dan kasih sayang seorang manusia terhadap manusia lainnya.

“Kepada segenap warga Kota Padang Panjang kami mengimbau, marilah kita jadikan ibadah kurban untuk meningkatkan jiwa sosial, saling berbagi dan saling memberi di antara kita. Sekaligus untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” ujarnya.

Lebih lanjut, Fadly turut menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Kota Padang Panjang mencapai 4,39 persen. Angka ini lebih tinggi dari Provinsi Sumatera Barat. Tingkat kemiskinan juga turun menjadi 5,14 persen.

Ketimpangan ekonomi, sebutnya, semakin rendah, ditunjukkan dengan Indeks Gini Ratio 0,296. Angka pengangguran dapat ditekan menjadi 4,84 persen. Kesejahteraan penduduk meningkat, dibuktikan dengan PDRB per kapita yang mencapai Rp70.640.000 per tahun. Ini tertinggi ketiga di Sumbar.

Jumlah jemaah haji Kota Padang Panjang 2023 juga meningkat tajam, yaitu sebanyak 118 orang, naik dibandingkan 2022 yang hanya 37 orang.

Di sisi pelaksanaan ibadah kurban, sebanyak 625 ekor hewan kurban disembelih Iduladha ini. Jumlah ini meningkat dari Iduladha tahun lalu, hanya 557 ekor. “Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan dan kemauan berkurban masyarakat Kota Padang Panjang meningkat dibandingkan tahun lalu,” katanya.

Sementara itu, Ustaz Yendri Junaidi pada penggalan kutbahnya mengajak agar setiap insan mampu meneladani Nabi Ibrahim AS yang tidak terlena terhadap yang dia cintai yaitu Ismail AS.

“Temukan Ismail dalam diri kita. Ismail setiap kita berbeda-beda. Sembelih dia dalam diri kita, agar hati ini murni milik Allah. Allah pencemburu, tidak ingin ada yang lain selain Dia,” tuturnya.

Wako Fadly hari ini juga ikut berpartisipasi melaksanakan kurban di empat masjid di Kota Padang Panjang. Di antaranya Masjid Hidayah Guguk Malintang, dan Masjid Nurul Hidayah Koto Panjang.

(Son)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT