Padang PanjangSumatera Barat

Kelurahan Tanah Hitam Juara Lomba Masak Serba Ikan Dispangtan Padang Panjang

193
×

Kelurahan Tanah Hitam Juara Lomba Masak Serba Ikan Dispangtan Padang Panjang

Sebarkan artikel ini
Lomba Masak Serba Ikan Dispangtan Padang Panjang
Lomba Masak Serba Ikan Dispangtan Padang Panjang. (f/kominfo)

Mjnews.id – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Padang Panjang menggelar Lomba Masak Serba Ikan dengan tema “Ikan untuk Generasi Tangguh dan Unggul Menuju Generasi Bebas Stunting” di Aula Balai Benih Ikan (BBI), Rabu 26 Juli 2023.

Lomba masak ini diikuti oleh kader TP-PKK kelurahan se-Kota Padang Panjang, yang menampilkan banyak inovasi dan kreasi dalam memasak.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Ada tiga menu yang diperlombakan dalam Lomba Masak Serba Ikan ini yakni, yaitu Menu Balita, Menu Keluarga, dan Menu Kudapan.

Saat membuka Lomba Masak Serba Ikan, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Padang Panjang, dr. Dian Puspita, yang juga berperan sebagai juri bersama perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Ida Trisnini, S.H, dan Ahli Gizi Dinas Kesehatan Kota, Mella Yosika, SKM, menyampaikan bahwa untuk mencegah stunting, konsumsi makanan yang bergizi sangatlah penting. Ini berlaku tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga untuk ibu dan calon ibu, seperti mengonsumsi ikan yang mengandung Omega 3.

Dokter Dian menekankan bahwa melalui kegiatan ini, para peserta dapat berkreasi dan berinovasi dalam mengolah makanan dari bahan baku ikan. Tujuannya adalah untuk menciptakan menu yang dapat membuat anak-anak gemar memakan ikan, serta mendorong konsumsi ikan di kalangan keluarga.

Kepala Dispangtan, Ade Nafrita Anas, M.P menyampaikan bahwa angka konsumsi ikan di Padang Panjang masih perlu ditingkatkan. Saat ini, angka konsumsi ikan per kapita per tahun sebesar 41,84 kg, yang setara dengan 113 gram per hari. Target nasional yang harus dicapai adalah 61,02 kg per kapita per tahun.

Untuk meningkatkan minat serta inovasi ibu-ibu rumah tangga, terutama kader PKK, dalam menciptakan menu berbahan dasar ikan, Forikan Padang Panjang berkolaborasi dengan Dispangtan untuk mengadakan lomba ini. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam mengolah ikan dan menjadi agen peningkatan konsumsi ikan di lingkungan sekitar.

Lomba ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan kreativitas dalam mengolah ikan serta meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat setempat.

Setelah melakukan penilaian, Dokter Dian bersama juri lainnya mengumumkan pemenang lomba. Juara I diraih oleh Kelurahan Tanah Hitam, Juara II oleh Kelurahan Balai-Balai, dan Juara III oleh Kelurahan Silaing Bawah.

(tia/arb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT