Kota SawahluntoKulinerSumatera Barat

PKK Desa Talawi Hilia Juara Lomba Menu B2SA Berbahan Baku Daun Kelor dan Petai Cina

379
×

PKK Desa Talawi Hilia Juara Lomba Menu B2SA Berbahan Baku Daun Kelor dan Petai Cina

Sebarkan artikel ini
Lomba Menu B2Sa Berbahan Baku Daun Kelor Dan Petai Cina
Lomba Menu B2SA Berbahan Baku Daun Kelor dan Petai Cina yang diprakarsai Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto. (f/uni)

MJNews.id – Lomba Menu Bergizi Beragam Seimbang dan Aman (B2SA) yang diprakarsai Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto dibuka langsung Walikota Deri Asta di Kebun buah Kandi Kota Sawahlunto, Rabu 23 Agustus 2023.

Dalam kegiatan tersebut Walikota Deri Asta mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Kota Sawahlunto ini, lomba ini dinilai perlu terus dilakukan.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Tentunya melalui lomba menu Bergizi Beragam Seimbang dan Aman ini dapat menyajikan menu-menu yang bergizi untuk keluarga setiap harinya sehingga anak-anak menjadi generasi yang sehat dan cerdas, karena anak-anak yang cerdas berawal dari makanan yang sehat dan dan bergizi, tidak harus mahal,” papar Walikota.

Selain untuk memotivasi masyakrat, lomba ini juga dapat menjadikan referensi untuk menghadirkan masakan masakan yang banyak pilihannya sehat dan bergizi. “Tentunya kita ingin generasi kita menjadi anak yang cerdas dan sehat,” imbuhnya lagi.

Walikota juga berpesan, agar kegiatan lomba ini tidak berhenti sampai disini saja, akan tetapi terus berinovasi setiap harinya dalam menyajikan olahan pangan menu yang bergizi beragam seimbang dan aman ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Heni Purwaningsih yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan diversifikasi pangan.

“Selain itu juga peningkatan penganeka ragaman pangan kita yang ada dari potensi lokal, serta bagaimana kita mencintai pangan lokal yang berbahan baku yang ada di sekitar kita, Menu B2SA kali ini diambil dari bahan baku yang ada di sekitar kita yakni kelor dan petai cina,” kata Heni menjelaskan lebih rinci.

Selain itu kegiatan ini juga untuk meningkatkan kreativitas, terutama produk olahan bahan makanan dari berbagai sumber daya lokal di Sawahlunto.

Peserta lomba terdiri dari 3 kelompok mewakil kecamatan masing-masing dengan juri berasal dari Dinas Ketahanan Provinsi Sumatra Barat, Dinas Kesehatan Provinsi dan Cheff dari Royal Asia College Padang.

Melalui lomba ini, peserta diajak untuk mampu berkreativitas menciptakan menu baru dengan memanfaatkan bahan baku lokal. “Memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsi sehingga tidak terfokus pada satu jenis olahan saja,” harap Heni.

Untuk pemenang dalam lomba Menu B2SA ini juara I diraih Kelompok PKK Desa Talawi Hilia, juara ke dua Desa Datar Mansiang dan juara ke tiga diraih PKK Kelurahan Tanah Lapang.

(uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT