Padang PanjangSumatera Barat

Hama Tikus Serang Lahan Pertanian, Ini Langkah Dispangtan Padang Panjang

106
×

Hama Tikus Serang Lahan Pertanian, Ini Langkah Dispangtan Padang Panjang

Sebarkan artikel ini
Petugas Lapangan Dispangtan Langsung Mencek Ke Lokasi Serangan Hama Tikus
petugas lapangan Dispangtan Padang Panjang cek lokasi serangan hama tikus. (f/kominfo)

Mjnews.id – Hama tikus dilaporkan menyerang area-area persawahan di sejumlah wilayah Padang Panjang yang membuat para petani resah akan gagal panen.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), Ade Nafrita Anas menyampaikan, beberapa hari lalu ia mendapatkan laporan itu dari warga.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

“Daerah-daerah yang terdampak hama tikus di antaranya di lahan sawah Kelurahan Ekor Lubuk, Sigando, Ngalau, Ganting dan Koto Panjang,” katanya.

Menindaklanjuti laporan tersebut petugas lapangan Dispangtan langsung mencek ke lokasi dan benar adanya serangan hama itu. Dispangtan sudah melakukan sosialisasi kepada kelompok tani bagaimana mengendalikan hama tikus ini.

Selain itu pihaknya juga telah memberikan bantuan berupa racun tikus untuk membasmi hama hewan pengerat tersebut. Pihaknya juga sudah koordinasi dengan Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumbar dimana hasilnya dari koordinasi tersebut Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumbar akan memberikan bantuan berupa racun tikus kepada Kota Padang Panjang.

“Kami telah berkoordinasi dengan provinsi dan nanti akan membantu dengan memberikan bantuan berupa racun tikus untuk petani kita,” ujarnya.

Ade berharap serangan hama tikus ini bisa diatasi secapatnya sehingga tidak mempengaruhi produksi dan hasil panen para petani.

(cgs/arb)

Kami Hadir di Google News