Padang PanjangPendidikanSumatera Barat

Keren! Tiga Siswa SMA Padang Panjang Terpilih Jadi Paskibraka Sumbar

238
×

Keren! Tiga Siswa SMA Padang Panjang Terpilih Jadi Paskibraka Sumbar

Sebarkan artikel ini
Tiga Siswa Sma Padang Panjang Terpilih Jadi Paskibraka Sumbar
Tiga Siswa SMA Padang Panjang Terpilih Jadi Paskibraka Sumbar. (f/kominfo)

MJNews.id – SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 3 Kota Padang Panjang patut berbangga. Pasalnya, tiga siswa dari dua sekolah tersebut berhasil masuk Pasukan 8 Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Sumbar.

Ketiganya akan tampil pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Kantor Gubernur Sumatera Barat, Kamis (17/8/2023) besok.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Menurut Dinas Kominfo Kota Padang Panjang, pelajar kebanggaan Kota Serambi Mekah itu adalah Shidiq Fikrian dari SMAN 3 Padang Panjang yang akan menjadi pembentang bendera, Denilla Nauli Putri (SMAN 3) dan Amalia Nurul Khairani (SMAN 2) sebagai Pasukan 8.

Ketiganya, bersama 51 pasukan pengibar bendera yang berasal dari berbagai sekolah di Sumbar, Selasa (16/7/2023), sudah dikukuhkan Gubernur Mahyeldi Ansharullah. Gubernur memuji ketiga pelajar Padang Panjang itu, karena berhasil menjadi anggota Pasukan 8 yang merupakan pasukan inti pada upacara itu.

“Ananda telah terpilih dan dilatih untuk menunaikan tugas negara dari sekian banyak kandidat lainnya yang berkeinginan sama. Apa yang ananda capai ini adalah sebuah kehormatan baik bagi pribadi, keluarga ,dan tentu pihak sekolah Ananda berasal,” ucap gubernur.

Prosesi pengukuhan tersebut, diawali dengan pengucapan ikrar oleh seluruh Paskibraka yang dipandu kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Maifrizon.

Kemudian dilanjutkan dengan mencium bendera merah putih, sebagai bentuk rasa cinta kepada bangsa Indonesia oleh setiap anggota yang dikukuhkan. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemasangan Kendip atau sabuk berwarna hijau bertuliskan Pancasila, oleh Gubernur selaku pembina upacara kepada seluruh anggota Paskibraka.

Adapun pembagian tugas untuk pelaksana upacara, penaikan dan penurunan bendera dalam rangka peringatan HUT RI ke-78 pada 17 Agustus 2023 adalah, penaikan bendera merah putih ditugaskan kepada pasukan 17 Garuda Merah dan pasukan 8 Garuda Putih, sedangkan yang bertindak sebagai komandan pasukan dari TNI AU dan cadangan Satbrimob Polda Sumbar.

Kemudian untuk penurunan sang merah putih sore harinya ditugaskan kepada pasukan 17 dari Garuda Putih dan pasukan 8 Garuda Merah sedangkan yang akan bertindak sebagai komandan pasukan TNI AL.

(Son)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT