Padang PanjangSumatera Barat

Pelayanan Prima dan Inovasi Jadi Poin Utama dalam Penilaian Tim Provinsi di Disdukcapil Padang Panjang

154
×

Pelayanan Prima dan Inovasi Jadi Poin Utama dalam Penilaian Tim Provinsi di Disdukcapil Padang Panjang

Sebarkan artikel ini
Tim Penilai Provinsi Di Disdukcapil Padang Panjang
Tim Penilai Provinsi di Disdukcapil Padang Panjang. (f/ist)

MJNews.id – Tim Penilai Kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Provinsi Sumatera Barat lakukan penilaian ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disukcapil) Kota Padang Panjang, Senin (4/9/2023).

Dipimpin Ketua Tim Penilai, Prof. Dr. Edi Safri, rombongan terdiri dari beberapa universitas di Sumbar,seperti Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Serta perwakilan media cetak Nasional, Sumbar.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Sesampai di Dukcapil, tim penilai disambut Asisten Administrasi Umum Setdako, Martoni, S.Sos bersama Kepala Disdukcapil, Dra. Maini, M.M, para punggawa Dukcapil sore itu.

Penilaian dilakukan, dengan menilai pelayanan prima dan mencari inovasi pelayanan publik terbaik di 15 kabupaten/kota di Sumbar.

Aspek penilaian meliputi sarana prasarana, inovasi, SDM, kepemimpinan, dan visi misi. Tiga terbaik akan diusulkan pada Kompetisi Pelayanan Publik 2023 yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Martoni dalam sambutanya mengatakpan, Disdukcapil dipilih untuk mewakili Padang Panjang dalam kompetisi ini karena selama ini memberikan kinerja dan pelayanan yang bagus kepada masyarakat dan OPD yang rajin melahirkan Inovasi baru. Sekaligus, OPD terbanyak memiliki inovasi.

“Sebagai OPD, yang melayani administrasi kependudukan, wajar Dukcapil raih berbagai penghargaan dan piagam dari banyak lembaga,” terang Martoni.

Besar harapan kita, hasil penilaian oleh Tim Provinsi bagus. Karena keluhan masyarakat terkait pelayanan Dukcapil ini nyaris tidak ditemukan. Setiap, warga masyarakat yang berurusan ke kantor tidak alami kesulitan. “Buktinya, hampir seratus persen warga Padang Panjang sudah memiliki kartu identitas, kependukannya, baik KTP, KK, Akte Kelahiran, KIA dan kartu identitas kependudukan lainya,” ujar Martoni.

Sementara itu, Kadis Dukcapil, Maini pada MJNews.id mengatakan, turunnya Tim penilai Provinsi ke Capil dalam rangka melihat secara langsung. Penilaian ini, sebagai evaluasi menyeluruh terhadap birokrasi, pelayanan kemasyarakat dan banyak penilaian lainya yang berkaitan dengan pelayanan.

Dengan penilaian ini, pihaknya Disdukcapil dapat melihat sejauh mana berperan untuk masyarakat Padang Panjang. Untuk itu, Dukcapil dan seluruh pegawai bertekad untuk terus meningkatkan pelayanan dan inovasi kepada masyarakat. “Dua Bidang Adiminduk dan PIAK punya andil besar dan jadi Garda terdepan dalam pungsinya masing masing,” tutur Maini, yang tidak lama lagi akan meninggalkan OPD ini.

Selaras dengan Kadisnya, Tim Work Dukcapil, Arenzo, Ratih, Chigus, Rima, Lisa Maria, Dian Sari dan staf lainnya. Punya tekad Disdukcapil siap untuk dinilai dan jadi yang terbaik untuk berkompetisi. “Intinya, Disdukcapil siap untuk memberikan pelayanan terbaik, karena Disdukcapil hadir memberikan oelayanan prima pada masyarakat,” ujar mereka berbarangan.

(Son)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT