Padang PanjangBaznasSumatera Barat

Baznas Kota Padang Panjang Salurkan Zakat Rp 288 Juta kepada 143 Mustahik

275
×

Baznas Kota Padang Panjang Salurkan Zakat Rp 288 Juta kepada 143 Mustahik

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Fadly Amran Serahkan Zakat Dari Baznas Kota Padang Panjang Kepada Mustahik
Wali Kota Fadly Amran serahkan zakat dari Baznas Kota Padang Panjang kepada mustahik. (f/diskominfo)

MJNews.id – Wali Kota H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menyerahkan zakat Rp 288 juta dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang Panjang kepada 143 mustahik, Selasa (19/9/2023) di Masjid Tauhid, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB).

Dari total zakat yang disalurkan BAZNAS, sebesar Rp288 juta ini terdiri dari zakat program Padang Panjang Makmur Rp200 juta untuk 96 mustahik. Padang Panjang Cerdas Rp74.750.000 untuk 38 mustahik. Padang Panjang Sehat Rp10.200.000 untuk tujuh mustahik dan Padang Panjang Peduli Rp2.000.000 untuk dua mustahik.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, penyaluran zakat diperuntukkan bagi masyarakat yang berpenghasilan kecil yang telah didata BAZ. Untuk penyaluran bulan ini, BAZ Nas mendata Mustahiq sebanyak 38 mustahik untuk Padang Panjang Barat.

Wali Kota Fadly Amran, dalam sambutannya mengapresiasi Baznas yang tepat sasaran menyalurkan zakat lewat program-programyang sudah ada selama ini. “Artinya, BAZNAS selaku lembaga yang diberi wewnang penuh oleh pemerintah, sudah menjalankan fungsinya dengan benar dan berkeadilan,” ucap Fadly Amran

Terkumpulnya zakat ini dalam jumlah yang banyak dikarenakan taatnya ASN menyisihkan sebagian dari uangnya. Untuk itu, walikota tidak lupa mengcapkan terima kasih atas sumbangan zakatnya yang dikeluarkan tiap bulan.

Dikatakan Fadly, program Padang Panjang Cerdas telah membantu anak-anak yang kesulitan biaya sekolah ke jenjang perguruan tingggi. “Kita berdoa mereka yang telah berkuliah ini nantinya bisa menaikkan martabat keluarganya, menjadi pemimpin-pemimpin,” sebutnya.

Adapun kepada penerima zakat program Padang Panjang Makmur, ia berharap bantuan zakat yang terima bisa dimaksimalkan. “Bagi yang berdagang bertambah jualannya, mendapat keuntungan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Padang Panjang, Syamsuarni, S.Ag mengatakan, penyaluran program zakat terbanyak ialah pada bidang pendidikan melalui Program Padang Panjang Cerdas dan usaha lewat Program Padang Panjang Makmur.

Dikatakannya, inilah keistimewaan di Padang Panjang yang berbeda dengan daerah lainnya. “Berbeda dari daerah lainnya, hanya Padang Panjang yang menyalurkan zakat untuk pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Tidak ada di daerah lain,” katanya.

Bantuan zakat yang didapat mustahik untuk pendidikan di daerah lain, menurut Syamsuarni hanya dari Baznas Provinsi. Namun lewat seleksi yang cukup ketat.

“Di Baznas Padang Panjang zakat untuk pendidikan bisa diperoleh dengan nominal belasan juta satu orang. Sedangkan Baznas Provinsi sekitar Rp2 juta untuk satu orang,” tuturnya.

Syamsuarni menyampaikan hal tersebut patut disyukuri. Hal ini bisa terjadi berkat para muzaki dan dorongan Pemko. Perkiraannya saat ini sudah 1.400 orang yang mendapatkan zakat program Padang Panjang Cerdas, nominalnya kurang lebih Rp2 miliar. “Anak-anak yang bersekolah telah melanjutkan kuliah hingga ke luar negeri sampai ke Timur Tengah,” ujar Sang Ketua.

(son)

Kami Hadir di Google News